GATRANEWS

PMI Gelar Temu Karya Relawan

Jakarta, GATRAnews - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Temu Karya Relawan PMI Nasional V (TKNV) 2013 di Bendungan Selorejo, Ngantang, Malang, Jawa Timur. Temu Nasional kelima kalinya ini menjadi ajang pembinaan dan pengembangan relawan PMI. 

Ketua Umum PMI Pusat M. Jusuf Kalla menyatakan hormat dan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada sejumlah perusahaan yang mendukung terselenggaranya acara ini. 

“Relawan telah menunjukkan darma baktinya pada bangsa dan negara. Mereka terjun di tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan permasalahan rakyat dengan sukarela. Para relawan telah menjadi agen perubahan bagi masyarakat. Dukungan MNC Media, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Indofood Sukses MakmurTbk, Sinar Mas APP, PT Indosat Tbk dan Kopi Kapal Api sangat berarti dalam pengembangan dan pembinaan kualitas relawan PMI,” jelas Jusuf Kalla, dalam siaran pers yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Jumat (14/6).

Jusuf Kalla menambahkan bahwa relawan sangat dibutuhkan di tengah persoalan bangsa yang kerap terjadi. Adanya relawan di tengah masyarakat telah memperlihatkan munculnya kepedulian di antara sesama.

Di saat yang sama, Hary Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa adalah komitmen MNC Media untuk membantu pengembangan relawan PMI melalui jaringan media massa miliknya.

“MNC Media sebagai media group terbesar dan terintegrasi se-Asia Tenggara akan mendukung penuh kegiatan sosial dan kemanusiaan, khususnya aktivitas relawan PMI. Dukungan ini diwujudkan dengan menjadi media partner dimana melalui MNC Media kegiatan relawan PMI ini akan disosialisasikan sekaligus menggugah masyarakat luas untuk berperan aktif menjadi relawan,” ujar Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group, selaku perwakilan mitra kerja.

"Sudah menjadi budaya Panasonic Gobel, sebagaimana induk perusahaan kami yang lahir di negara yang juga rawan bencana seperti di Indonesia, untuk senantiasa membantu gerakan-gerakan pemulihan bencana, seperti yang dilakukan PMI dengan para relawannya. Tidak mudah menjadi seorang relawan, pengorbanan sosial bahkan jiwa dibutuhkan dalam mengemban tugas sebagai relawan. Bagi kami relawan adalah Pahlawan. Kami bangga bisa membantu dan menjadi bagian utama dari kegiatan lima tahunan PMi ini. Semoga dengan Temu Karya Relawan PMI Nasional ini, mampu mempererat silaturahmi antar relawan, meningkatkan standar kualitas ke jenjang yang lebig tinggi dan meningkatkan perannya sebagai salah satu agen pembangunan nasional" tegas Renaldi Sjarif, Vice President PT Panasonic Gobel Indonesia.

Sebagai bentuk implementasi dari salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR), yaitu Solidarity for Humanity, Indofood terus mendukung program donor darah yang diperuntukkan bagi kegiatan kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia.

"Di tahun 2012, tercatat 13.612 orang pendonor yang terdiri dari karyawan Indofood dan masyarakat sekitar operasional perusahaan dengan total akumulasi darah yang disumbangkan sekitar 4.659 liter darah", jelas Franciscus Welirang, Direktur PT Indofood Sukses MakmurTbk.

“Adalah komitmen Sinar Mas untuk terus mendukung upaya-upaya pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Para relawan memainkan peranan penting dalam kegiatan pemulihan pasca bencana. Membantu mengembangkan kualitas para relawan PMI tentu saja menjadi salah satu perhatian kami dalam upaya pengembangan sumber daya manusia Indonesia,” jelas Gandi Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas.

Di lain pihak, menurut Strasfiatri Auliana, dari Indosat, menyatakan bahwa sebagai warga negara Indonesia, Indosat berperan untuk tidak berpangku tangan dalam penanggulangan masalah bencana nasional. Peran aktif Indosat dalam pemulihan pasca bencana disalurkan dalam bentuk dukungan terhadap kegiatan Temu Karya Relawan PMI Nasional 2013 yang bertujuan meningkatkan kualitas para relawan.

“Atas nama perusahaan, saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada PMI dan seluruh relawan PMI atas sepak terjangnya selama ini,” tambah Group Head Corporate Secretary PT Indosat Tbk itu.

Juga sebagai salah satu pendukung utama kegiatan Temu Karya Relawan PMI Nasional 2013, Kopi Kapal Api menyatakan bahwa pihaknya pun selalu berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

“PMI menjadi salah satu factor kunci dalam dalam kegiatan kemanusiaan. Sementara Relawan PMI adalah ujung tombak pemulihan pasca bencana. Perusahaan dan segenap karyawan kami mendukung kegiatan peningkatan kualitas relawan PMI ini sepenuh hati,” jelas Natasha Anne Sidhu, Marketing Director PT Santos Jaya Abadi.

Temu Karya Relawan PMI Nasional 2013 akan berlangsung di kawasan Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dari tanggal 24-30 Juni 2013. Kegiatan ini akan mengangkat tema “Relawan sebagai Agen Perubahan”. Selama kegiatan, mereka akan mengikuti empat kegiatan besar (Temu, Karya, Pengembangan Kapasitas, dan Persahabatan) yang merupakan rangkaian ajang pembinaan dan pengembangan, mulai dari kegiatan pertemuan relawan, bakti relawan di masyarakat, hingga ajang pertukaran budaya dan seni. 

Temu Karya yang akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Budiono pada Senin (24/6) pukul 09.00 di Selorejo, Malang, akan diikuti oleh sekitar 3 ribu relawan PMI se Indonesia dan 64 relawan dari 16 negara asing akan terlibat bersama dalam even akbar selama seminggu, 24-30 Juni 2013. Di antara negara sahabat yang ikut serta adalah Singapura, Vietnam, Arab Saudi, Jepang dan Italia. Malaysia menjadi kontingen relawan luar negeri terbesar dengan mengirimkan 19 relawan untuk terjun dalam ajang lima tahunan ini. (TMA)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?