GATRANEWS

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran pada Kamis 8 Agustus

Jakarta, GATRAnews - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengatakan, pihaknya telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013 mendatang.

 

"Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri akan jatuh pada 8 Agustus 2013, karena pada 7 Agustus sudah terjadi konjungsi matahari bumi bulan pada garis lurus," kata Din di kantornya bilangan Jakarta Pusat, Senin, (29/7/2013).

 

Menurutnya, terlebih dengan ketinggian yang cukup di atas 3 derajat, tanpa melihat sudah bisa diperhitungkan secara ilmiah, maka Muhammadiyah berkeyankinan 7 Agustus malam hilal Syawal sudah ada.

 

"Kalau seandainya terjadi perbedaan pendapat, terutama dengan pemerintah dan lain-lain yang masih harus melihat hilal, dan kalau tidak terlihat harus menambah bulan Ramadan hingga 30 hari, maka marilah kita bertoleransi," imbau Din.

 

Din mengatakan, dengan menghormati perbedaan, maka toleransi dalam menjalankan agama dan beribadah akan semakin terjalin di negeri ini, tanpa harus membesar-besarkan perbedaan tersebut.

 

"Insyaallah ukhuwah tetap terjaga walaupun ini merupakan keyakinan, maka kami meyakini, kalau sudah yakin 7 Agustus malam, hilal Syawal sudah ada, kita (Muhammadiyah-Red.) tidak dibolehkan puasa pada 8 Agustus," pungkasnya. (IS)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?