GATRANEWS

Sutarto: Minta Snowden Tunjukkan Bukti Penyadapan

Jakarta, GATRAnews - Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Purn Endriartono Sutarto mendesak pemerintah agar meminta bukti penyadapan Amerika Serikat dan Australia terhadap Indonesia, dari Edward Snowden, si pembocor rahasia itu. Selain itu, pemerintah juga layak protes keras terhadap Amerika Serikat dan Australia, jika terbukti kedua negara itu melakukan kegiatan spionase.

"Indonesia juga hendaknya menyampaikan catatan diplomatik kepada PBB agar membuat aturan internasional melarang suatu negara menyadap negara lain," kata Sutarto, melalui saluran telekomunikasi kepada Antara, di Jakarta, Sabtu (9/11).

Sutarto menegaskan, Indonesia harus berusaha membuktikan kebenaran adanya kegiatan spionase itu. Caranya, kata dia, "Pemerintah Indonesia harus berusaha keras meyakinkan Edwards Snowden untuk menunjukkan bukti atau indikasinya."

Alumnus AKABRI Darat pada 1971 ini menilai, pernyataan Snowden tersebut cenderung benar, karena hingga saat ini pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Australia tidak membantah serta menggugat Snowden.

Dari pernyataan Snowden, Australia menyadap komunikasi nirkabel dan elektronika Indonesia, dari kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

"Jika benar Amerika Serikat dan Australia melakukan penyadapan kepada Indonesia, ini sudah melanggar etika diplomasi internasional," kata Sutarto. (TMA)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?