GATRANEWS

Setelah Di-hack, Kunjungan ke Kabinetrakyat.org 1.700 Orang/Jam

Jakarta, GATRAnews - Sebanyak 1.700 orang per jam mengunjungi www.kabinetrakyat.org, setelah laman yang memuat jajak pendapat kandidat menteri kabinet bayangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) itu, pulih dari serangan peretas (hacker).

"Bisa dikatakan bahwa dalam 24 jam, pengunjung www.kabinetrakyat.org mencapai hampir 1.700 orang per jam," kata Adian Napitupulu, Sekjen Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (Sekjen PENA 98), dalam pesan singkat, yang diterima di Jakarta, Rabu malam (30/7).

Adian menuturkan, setelah puli akibat serangan hacker, laman ini dibuka kembali Selasa kemarin (29/7) dan hingga hari ini tercatat lebih dari 43 ribu orang pengunjung dan 12 ribu di antaranya memilih kandidat menteri yang masuk dalam Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR).

"Angka itu menunjukan bahwa rakyat sangat antusias untuk mengetahui, bahkan ikut memberi masukan, baik nama maupun kriteria kabinet Jokowi- JK," ujar Adian.

Perbedaan mendasar dengan masukan-masukan nama kabinet dari kelompok-kelompok masyarakat yang lain adalah karena dalam www.kabinetrakyat.org terdapat sekitar 120 nama dari beragam latar belakang pendidikan, usia, profesi, suku dan agama.

Selain itu, situs ini dilengkapi dengan uraian rekam jejak masing-masing orang yang ditawarkan dengan didahului berbagai kriteria. Kelengkapan materi situs ini memberi kesempatan bagi rakyat agar tidak seperti "membeli kucing dalam karung".

Menurut Adian, antusiasme yang begitu tinggi membuktikan bahwa rakyat tidak hanya ingin dibatasi sebatas memilih Jokowi- JK di pilpres, tetapi juga ingin ikut mengawal Jokowi-Jk hingga dalam pembentukan kabinet dan memantau program-program saat pemerintahan berjalan.

Hingga hari ini, masukan untuk nama menteri sudah disampaikan secara terbuka oleh beberapa kelompok, antara lain Jokowi Center dengan Kabinet Alternatif Untuk Rakyat, Laskar Jokowi dan www.kabinetrakyat.org yang dibuat oleh orang-orang yang berprofesi sebagai jurnalis, relawan, ibu rumah tangga, dosen, mahasiswa, dan lain-lain.

Seluruh masukan dari berbagai kelompok tersebut tentunya akan disampaikan kepada Jokowi-JK, baik secara langsung maupun tidak. Dan kesemuanya tentu bermuara pada satu harapan yang sama, yaitu untuk rakyat dan Indonesia yang lebih baik, berkeadilan, berkebhinekaan dan tentunya bebas korupsi.


Penulis: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?