GATRANEWS

Lapas Medan Terbakar, 300 Napi Kabur!

Medan, GATRAnews - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan dilaporkan terbakar hebat, Kamis petang (11/7). Api membumbung tinggi melalap Lapas Kelas 1 A tersebut. Hingga berita ini diturunkan, aparat dan petugas masih berupaya menjinakkan si jago merah. Belum jelas benar apa yang menjadi penyebab kebakaran karena belum ada keterangan resmi dari manajemen penjara tersebut. 

 

Namun akibatnya fatal. Lebih kurang 300 orang narapidana dewasa kabur dari dalam kamar tahanan dengan menjebol pintu gerbang utama. Hingga berita ini diturunkan, jumlah pasti napi yang kabur belum ketahuan. Petugas masih sibuk mendata dan mengatasi kebakaran yang terjadi. Petugas lapas dibantu Kepolisian Resor Medan masih memburu napi yang kabur. 

 

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana, mengaku masih mengumpulkan fakta-fakta yang ada. Sejauh ini, menurut Denny, berdasar informasi yang diperolehnya, penyebab kebakaran  gara-gara dipicu listrik mati yang kemudian menyebabkan aliran air terhenti. Akibatnya, banyak napi yang resah dan akhirnya membakar sejumlah ruangan penjara. Menurut Denny jumlah narapidan yang melebihi kapasitas Lapas semakin membuat napi merasa tidak nyaman.

 

"Jumlah napi mencapai 2.600 orang atau sudah 250% dari kapasitas normalnya," tutur Denny kepada pers. Saat ini, menurut Denny lagi seperti dikutip Antara, aparat akan memusatkan perhatian dulu kepada kebakaran lantas mengejar para napi yang kabur. "Akan dihitung dahulu setelah situasi memungkinkan agar akurat," kata Denny lagi (NHi)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?