GATRANEWS

Kapal Cepat Ekspres Bahari Terbakar, 6 Tewas dan 7 Hilang

Jakarta, GATRAnews - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan akibat terbakarnya kapal cepat Ekspres Bahari di perairan Batu Dinding, Selat Nasik Kabupaten Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung pada Kamis (22/8) kemarin menyebabkan 6 orang tewas dan 7 orang lainnya masih dicari. "Jumlah penumpang kapal cepat KM.Express Bahari 8C sesuai dengan Passenger Manifest (Data Penumpang) berjumlah 177 orang, penumpang yang tidak tercatat sebanyak 8 orang, sedangkan Nahkoda, Crew Kapal dan ABK berjumlah 12 orang," jelasnya di Jakarta, Jumat (23/8).

 

Dia melanjutkan, saat ini Tim SAR gabungan beranggotakan 100 personil dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, Pemuda Pancasila dan masyarakat masih melakukan pencarian dan evakuasi korban. "Penyebab kecelakaan diduga karena salah satu penumpang membuang puntung rokok, lalu terkena kotak anak ayam sehingga terjadi kebakaran," lanjutnya.

 

Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam, Tanjungpinang (Pulau Bangka) menuju Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung) dan terbakar saat dalam perjalanan. Kapal berangkat pada Kamis siang sekitar pukul 13.30 WIB. "Ini adalah data sementara yang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dinamika dilapangan," pungkas Sutopo. (WFz) 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?