Gatranews - Adhyaksa: Untuk Lebih Maju, Bangsa Ini Harus Rela Berkorban.

Adhyaksa: Untuk Lebih Maju, Bangsa Ini Harus Rela Berkorban.

 

Jakarta, GATRAnewsTokoh pemuda Indonesia, Dr. Adhyaksa Dault, M.Si, menyerukan kepada seluruh elemen bangsa ini agar menjadikan Hari Raya Idul Adha tahun ini sebagai momentum untuk mengorbankan diri demi kemandirian dan kemajuan bangsa. “Idul Adha kali ini hendaknya dijadikan momentum bagi para pemimpin bangsa, para ulama, para cendikia, dan hartawan di negeri ini untuk menyatukan langkah-membulatkan tekad perngorbanan serta perjuangan demi kebaikan, kemandirian dan kemajuan bangsa,” tandas Adhyaksa dalam khutbahnya di hadapan ribuan umat Islam yang mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar, Jum’at (26/10)

 

Dalam khutbahnya yang berjudul “Membangun Spirit Pengorbanan dan Perjuangan untuk Bangsa”, Adhyaksa juga menyampaikan beberapa otokritik terhadap umat Islam Indonesia yang masih belum benar-benar menjadikan agama dan nilai-nilai ketakwaan sebagai pedoman dan perilaku hidup sehari-hari, baik dalam berkeluarga, berbangsa dan bernegara.

 

Akibatnya, negara “baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur” atau negara yang adil, sejahtera, dan mendapatkan limpahan karunia Allah ini pun masih jauh dari terwujud. Padahal, menurut Adhysaksa, para nabi dan para sahabat telah menggariskan jalan untuk mewujudkan cita-cita itu. Yakni, harga yang harus dibayar untuk itu adalah pengorbanan.

 

“Kita harus memulai kembali perjuangan ke arah itu dengan apa yang pernah dilakukan oleh para salafus sholeh,” tandas mantan Menpora yang juga menjabat sebagai Pengawas Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar ini. Pada kesempatan Idhul Adha di Masjid Agung Al-Azhar ini, bertindak sebagai imam adalah H. Mukhtar Ibnu, Spd, Imam Rawatib Masjid Agung Al-Azhar. Shalat Idhul Adha sendiri dihadiri oleh 5000-an umat Islam dari Jakarta dan sekitarnya.

 

Mereka memenuhi bagian dalam masjid dan seluruh pelataran parkir utara dan timur masjid. Panitia Idul Adha Masjid Agung Al-Azhar juga melakukan penyembelihan hewan kurban sapi dan kambing disaksikan penyumbang hewan kurban dan masyarakat umum. (*/NHI)

 

 

Share this article