Ikan Raksasa Ditemukan di Sungai Cimanuk Garut

Garut, GATRAnews - Ikan raksasa ditemukan di aliran Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (6/2). Warga masyarakat berbondong-bondong ingin melihat langsung ikan yang sudah mati itu.

Ikan yang disebut warga setempat jenis ikan kancra hitam itu memiliki panjang sekitar 170 sentimeter dengan berat sekitar 100 kilogram. Ikan yang berusia tua itu pertama kali ditemukan oleh Wahidin, warga Kampung Copong, Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota.

Wahidin, yang bekerja sebagai pencari ikan, saat pertama melihat ikan kancra besar itu, mengaku tidak berani menangkap sendirian. Kemudian ia memberitahukan penemuannya kepada warga di kampungnya.

Ketika kembali ke sungai, ikan berukuran besar itu sudah tidak ada. Namun esoknya Wahidin bersama warga kembali mencari dan menemukan ikan itu di pinggiran sungai.

"Ikannya sangat besar, saya tidak berani sendirian menangkapnya. Ikannya sekarang sudah mati. Jadi warga berkerumun penasaran ingin melihat langsung," katanya kepada Antara.

Wawan Ridwan, 45 tahun, salah seorang warga sekitar Sungai Cimanuk, mengatakan, setiap pergantian musim dari kemarau ke hujan selalu banyak jenis ikan yang menghuni Sungai Cimanuk.

Namun jenis ikan di sungai terbesar di Garut itu, kata Wawan, banyak yang mati karena faktor air sungai yang sudah tercemari limbah cair pembuangan industri kerajinan kulit.

"Saat pergantian musim, ikan di Sungai Cimanuk banyak yang mati, kemungkinan karena keracunan limbah," katanya.

Kini, bangkai ikan tersebut menjadi tontonan warga sekitar, bahkan para pengguna jalan sengaja memberhentikan kendaraannya untuk melihat langsung ikan yang tergeletak di lapangan terbuka sekitar sungai itu. (TMA){jcomments on}

Share this article