Jembatan Sungai Klawing Purbalingga Putus, Mobil Hanyut

Purbalingga, GATRAnews – Jembatan Sungai Klawing di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang menghubungkan Kecamatan Bobotsari-Rembang dilaporkan ambrol, Sabtu sore (18/3). Sebuah mobil Toyota Avanza dilaporkan terjebak dan hanyut dalam sungai. Beruntung pengendara mobil selamat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purbalingga, Tri Gunawan, Sabtu petang (18/3) membenarkan musibah itu. Ambruknya oprit jembatan itu diduga akibat terjangan arus sungai yang kencang. Sebelum oprit jembatan roboh, hujan mengguyur wilayah itu dan aliran sungai Klawing sangat kencang. Oprit adalah penghubung badan jalan ke jembatan sebelum pondasi. Biasanya terbuat dari material padat misalnya batu split yang dipress.

“Derasnya arus Sungai Klawing itu yang menghantam sebagian oprit jembatan di sisi Barat jembatan.  Akibatnya, jembatan itu tak bisa digunakan,” kata Tri Gunawan.

Tri Gunawan mengungkapkan, akibat ambrolnya oprit jembatan itu, sebuah mobil Avanza nopol R 9426 MC yang dikemudikan Bambang Rahayu (42) terjatuh dan terbawa arus sungai. Beruntung nyawa warga Desa Tunjungmulih, Kecamatan Karangmoncol itu bisa diselamatkan.

“Korban bisa diselamatkan, namun mobilnya belum diketahui nasibnya,” kata Tri Gunawan.

Pengendara mobil yang naas, Bambang Rahayu mengatakan saat hendak melewati jembatan itu, tiba-tiba jalan amblas dan ia bersama mobilnya ikut terbawa longsoran.

“Saya kaget, sebelum melewati jembatan, tiba-tiba mobil seperti terbawa jalan yang longsor. Saya sadar tengah menghadapi musibah, dan saya berusaha menyelamatkan diri,” kata Bambang.

Akibat kejadian itu, Bambang melaporkan kehilangan mobil Avanza dengan STNK atas nama Soiman, STNK sepeda motor Vega an Wijingingsih, STNK sepeda motor Vixion an Bambang Rahayu, ATM BRI an Subekti, Sim A, SIM C an Subekti, KTP an Bambang Rahayu, uang tunai Rp 700 ribu, dan bahan baku wig yang dibawa dalam mobil. Surat-surat kendaraan itu hilang bersama dompet yang ditaruh di mobil.

Akibat lain ambrolnya obrit jembatan, jalur penghubung antara Kecamatan Bobotsari menuju Rembang putus total dan tak bisa digunakan.




Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Share this article