Gatranews - Hasil Seleksi Hakim Agung Diumumkan Malam Ini

Hasil Seleksi Hakim Agung Diumumkan Malam Ini

Jakarta, GATRAnews - DPR akan mengumumkan siapa saja calon hakim agung yang lolos dan tumbang dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) yang dilakukan Komisis III DPR RI. Pengumuman itu akan disampaikan nanti malam. "Akan diumumkan  hari ini, pukul 19.00  malam. Kuoatanya kita rencananya akan di ambil 8, 4 dari seleksi sebelumnya, kemudian 4 dari gelombang kedua. Kita tunggu siapa yang masuk, tapi DPR segera umumkan," katan Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Masyur di Gedung MA, Jakarta Pusat, Rabu, (23/1).

 

Menurutnya, seleksi ini diharapkan segera selesai dan mendapatkan hakim agung yang kredibel. Pasalnya, saat ini MA tengah kekurangan hakim agung, jumlahnya kini hanya 43 orang. "Yang terpilih harus segera melaksanakan tugas sebagai hakim agung, karena banyak perkara yang masuk. Sekarang hanya ada 43 orang, itu juga ada yang meninggal, diberhentikan, dan pensiun, sehingga kt sangat kekurangan," bebernya.

 

Selain itu, dari 43 hakim agung pun, tak semuanya bisa memeriksa dan mengadili perkara. Pasalnya, begitu usia hakim tersebut sudah mencapai 70 tahun, maka itu berhenti mengadili. Dijelaskan, terkait ke-8 orang calon yang akan direkrut sebagai hakim agung, imbuh Ridwan, masing-masing akan ditempatkan di Kamar Pidana sebanyak 5 orang, Kamar Perdata (2 orang), dan 1 orang lainnya sudah disediakan posisi juga. "Mudah-mudahan itu bisa tercapai, meski MA masih kekurangan hakim agung. Diharapkan ini bisa tambah lagi," harapnya.

 

Sedangkan terkait nasib calon Hakim Agung, Daming Sanusi, Ridwan mengatakan, hal tersebut sepenuhnya diserahkan kepada Komsi III DPR. "Tertgantung mereka, karena ini kewenangan terakhir ada di DPR. MA tentunya akan mengambil sikap, tapi tidak harus terburu-buru dan memperhatikan berbagai masukan Komisi Yudisial, Kejaksaan Agung, baru akan diputuskan," bebernya.(IS)

Share this article

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.