Gatranews - DKPP Sosialisasikan Peran dan Fungsinya ke Lembaga Hukum Terkait

DKPP Sosialisasikan Peran dan Fungsinya ke Lembaga Hukum Terkait

Jakarta, GATRAnews - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Jimly Asshiddiqie akan terus mensosialisasikan kedudukan DKPP dan putusannya yang ditetapkan kepada sejumlah institusi penegek hukum terkait. "Kita akan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh institusi penegak hukum terkait, tapi sekaranng fokus ke lembaga yang terkait Pemilu dulu," kata Jimly di ruang kerjanya bilangan Jakarta Pusat, Selasa, (12/3).

 

Sedangkan untuk memberikan pemahaman kepada para hakim, Jimly mengaku akan memanfaatkan Rapim hakim untuk menyampaikan apa itu DKPP dan keputusannya. "Februari nanti ada Rapim hakim, saya nanti akan diundang untuk memberi materi, supaya para hakim TUN seluruh Indonesia bisa memahami perkembangan ketentuan tentang Pemilu," kata Jimly.

 

Menurutnya, untuk menyamakan persepsi dengan hakim, pihaknya telah menemui jajaran petinggi Mahkamah Agung (MA) untuk menyampaikan, bahwa putusan yang telah ditetapkan DKPP adalah final dan mengikat sebagaimana diatur undang-undang. "DKPP sudah mengadakan pertemuan dengan jajaran MA secara lengkap, ketua, wakil ketua dan seterusnya. Disepakati, bahwa DKPP menurut UU, putusannya bersifat final dan mengikat dalam istilah kehakiman final dan mengikat itu inkracht dan para hakim tahu itu," paparnya.(IS)

Share this article

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.