Gatranews - Politisi PDIP: Serangan ke Lapas Sleman, Biadab

Politisi PDIP: Serangan ke Lapas Sleman, Biadab

Jakarta, GATRAnews - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Honing Sanny, menilai, penembakan empat tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Kopassus, merupakan perbuatan biadab.

"Secara pribadi dan atas nama masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), saya berduka atas meninggalnya empat orang adik-adik dan saudara saya di Lapas Sleman, Yogyakarta, atas tindakan biadab yang dilakukan oleh anggota Koppasus sebagai bentuk balas dendam," kecam Honing, di Jakarta, Sabtu (23/3).

Atas insiden tersebut, Anggota Komisi IV DPR RI ini menilai, tidakan oknum aparat sudah di luar batas wajar. Pasalnya, sebagai aparat hukum, tidak pantas melakukan tindakan tersebut karena penegak hukum dibayar untuk memberikan rasa aman bagi rakyat.

"Sebagai abdi negara dan hidup dari uang rakyat, tindakan itu sudah mengoyak rasa aman sebagai warga negara," kecam Honing.

Namun demikian, Honing juga menyayangkan tindakan brutal yang dilakukan keempat sodaranya asal NTT itu, yang telah melakukan aksi pengeroyokan hingga menewaskan seorang anggota Koppasus.

"Saya juga menyesalkan tindakan brutal yang dilakukan oleh saudara saya terhadap tewasnya satu anggota Koppasus," sesalnya.

Dengan terulangnya kekerasan yang diduga dilakukan oknum tentara pasca-penyerangan dan pembakaran Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Honing menghimbau agar apar bisa menahan diri tidak bertindak brutal. "Mari kita bangun solidaritas untuk aman di republik ini," imbaunya. (IS){jcomments on}

Share this article