Ribuan Turis Tiongkok ke Sulut Rayakan Imlek

Parade Toa Pe Kong, salah satu daya tarik Imlek bagi wisatawan di Manado (GATRAnews/Ady Putong)

Manado, GATRAnews  — Sektor Kota Manado, penuh gairah pada Februari 2016. Ada ribuan wisatawan asing dari Negeri Bambu Tinongkok akan mampir untuk melihat dari dekat perayaan Imlek, yang dilakukan Umat Tri Dharma di ibukota provinsi Sulawesi Utara tersebut.

“Ada empat penerbangan langsung dari China ke Manado yang dicarter oleh pengelola tur wisata pada Februari, kalau ditotal dengan yang lainnya diperkirakan bakal ada 15 hingga 20 ribu wisatawan dari sana mau rayakan Imlek di Manado,” sebut Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Sulut, Joy Korah pada wartawan pekan ini.

Warga dan pemerintah daerah menurut Joy siap menyambut tamu. Apalagi Manado kata dia adalah ikon ketenteraman di kawasan bibir Pasifik, sehingga turis asing atau domestik yang datang selalu merasa nyaman menikmati wisatanya.

Senada, Kepala Disbudpar Manado Hendrik Warroka memastikan kotanya memiliki berbagai infrastruktur kepariwisataan yang memadai dan tertata dengan baik. Ketersediaan kamar hotel dan penginapan mencapai 5.508 dipastikan akan full pada bulan ini. Dalam data kepariwisataan, turis Tiongkok adalah yang terbanyak kwantitasnya mengunjungi Manado. “Catatan kami triwulan ketiga 2015 wisatawan dari China terbesar jumlahnya ke Manado, setelah itu pengunjung dari beberapa negara di Eropa dan Amerika,” terangnya.

Menyambut tahun baru Imlek yang dirayakan Senin 8 Februari, umat Tri Dharma di Manado akan melakukan prosesi peribadatan sejak sehari sebelumnya. Ferry Sondakh, Rohaniawan Kelenteng Ban Hin Kiong —tempat peribadatan umat Tri Dharma tertua di Manado— menyebut umat mulai sembahyang pada pukul 09.00 Wita, Minggu (7/2).

Prosesi dilanjutkan pada pukul 22.30-00.00 Wita. “Intinya kami mensyukuri segala berkat, kesejahteraan dan kesehatan yang sudah diterima sepanjang tahun 2566 sekaligus memohon tuntunan Sang Pencipta pada tahun baru 2567,” kata Ferry.

Kendati dia mengatakan perayaan menyambut tahun baru Imlek di Kelenteng Ban Hin Kiong dilakukan sederhana, namun tetap ada atraksi kembang api yang jadi budaya seperti pada tahun-tahun sebelumnya.


Reporter: LFP

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Share this article