GATRANEWS

18 Negara Akan Beradu di Tour de Singkarak 2013

Peresmian Tour de Singkarak 2013 (GATRAnews/Wanto)Jakarta, GATRAnews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) kembali akan menggelar kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak (TDS) 2013.

"Tour de Singkarak 2013 sudah memasuki penyelenggaraan tahun kelima dan telah begitu sukses diselenggarakan pada 4 tahun sebelumnya dan telah menjadi agenda resmi tahunan UCI," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Jakarta, Minggu, (12/5).

TDS 2013 yang akan diselenggarakan di Sumbar ini pada 2 hingga 9 Juni 2013 mendatang adalah event yang memadukan promosi pariwisata dan olahraga prestasi yang berdampak langsung terhadap Sumbar sebagai salah satu destinasi wilayah pariwisata di Indonesia yang tidak hanya meningkatnya setiap tahun angka kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara, namun juga pertumbuhan kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif di masyarakat Sumbar.

Dari sisi penyelenggaraan, event yang selalu mendapatkan pendampingan dari ASO (event organizer Tour de France) sejak tahun 2011 ini semakin profesional, baik dari sisi peserta/atlet, keterlibatan negara, dan dukungan daerah, serta sponsor.

"Kami begitu bersyukur dan berterima kasih atas dukungan penuh dari Bank Negara Indonesia, Garuda Indonesia, dan Daihatsu, serta beberapa pihak sponsor lainnnya, yang begitu antusias untuk turut serta mensukseskan Tour de Singkarak 2013," tambahnya.

Tour de Singkarak 2013 akan melombakan 7 etape yang berjarak total 1173 km dan berhadiah total 1,2 miliar rupiah. Rencananya TDS tahun ini akan melewati rute 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan melibatkan partisipasi 220 pebalap sepeda dari 18 negara, yakni Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Taipei, Indonesia, Iran, Irlandia, Jepang, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Belanda, Filipina, Singapura, Spanyol, Thailand, Amerika Serikat, dan Uzbekistan.

Ketujuh etape yang dilombakan adalah: Etape 1 Bukittinggi-Bonjol berjarak 122 Km, Etape 2 Padang Panjang-Istano Basa, Tanah Datar berjarak 215 Km, Etape 3 Payakumbuh-Danau Singkarak berjarak 212 Km, Etape 4 Sijunjung-Pulau Punjung, Dharmasraya berjarak 205 Km, Etape 5 Sawahlunto-Muara Labuh, Solok Selatan berjarak 138 Km, Etape 6, Pariaman-Painan berjarak 140 Km dan Etape 7, Padang Pariaman-Padang Circuit yang berjarak 141 Km. (*/WN)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?