GATRANEWS

Sebanyak 25 Peserta Meriahkan Banyuwangi Tour de Ijen 2013

Ilustrasi Balap Sepeda (ANTARA/Iggoy el Fitra)Jakarta, GATRAnews - Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap sepeda bertaraf internasional, Banyuwangi Tour de Ijen (BTDI) yang merupakan salah satu acara dari Banyuwangi Festival 2013. Event yang kedua kalinya digelar ini akan diikuti oleh 25 peserta baik lokal maupun mancanegara. BTDI akan di selenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 2 hingga 5 November 2013.

Sebanyak 25 peserta tersebut terbagi menjadi 20 tim dari luar negeri, yang terdiri atas tiga klub Pro-kontinental, 12 klub Kontinental, dan lima klub luar negeri. Sedangkan peserta dari dalam negeri ada lima tim, terdiri dari satu tim nasional dan empat klub terbaik.

"BTDI merupakan perpaduan aspek olahraga dan promosi wisata seperti ini akan menghasilkan dua dampak sekaligus, yaitu meningkatkan daya saing balap sepeda di Indonesia sekaligus memacu kunjungan wisata guna menggerakkan ekonomi rakyat. Sehingga, olahraga menjadi industri yang bermanfaat secara luas dalam memajukan perekonomian masyarakat," jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anaz di Jakarta, Senin (2/9).

"Untuk timnas (tim nasional) tergabung beberapa klub. Memang tidak semua tim bisa masuk karena ini benar-benar event internasional, dan untuk bisa masuk menjadi peserta harus diseleksi secara ketat," lanjutnya.

Setidaknya para peserta nantinya akan menempuh jarak sepanjang 600 kilometer yang terbagi kedalam empat etape balap. Etape pertama dimulai dengan start didepan kantor Pemkab Banyuwangi menuju Pantai Pulau Merah sejauh 180 kilometer.

Etape kedua dimulai dari Desa Jajag, Kabupaten Banyuwangi, menuju Lapangan Maron sejauh 120 kilometer. Sedangkan etape ketiga, para pebalap akan start di wilayah paling barat Banyuwangi, Kecamatan Kalibaru, menuju wilayah paling barat, yaitu Kawah Ijen.

Untuk etape akan menempuh jarak sejauh 190 kilometer.  Sedangkan untuk etape terakhir  akan menempuh sejauh 120 kilometer dengan mengitari kota Banyuwangi sebanyak 12 lap untuk merebutkan total hadiah sebesar 700 juta rupiah.

Pada saat yang sama Ketua Panitia BTDI, yang juga Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia Guntur Priambodo menjelaskan, dengan melewati rute-rute tersebut bertujuan untuk mempromosikan dan menunjukkan pada dunia internasional bahwa Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah yang mempunyai potensi luar biasa.

"Potensi tersebut dapat dilihat dari destinasi pariwisata dan sumber daya alam, sehingga layak untuk dijadikan sebagai daerah tujuan investasi skala internasional," katanya. (*/WN)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?