GATRANEWS

Switch to desktop

PDIP: Rakernas Belum Putuskan Pencapresan Djokowi

Jakarta, GATRAnews - Rapat Kerja Nasioanl (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke III yang akan dihelat di Anjol, Jakarta Utara, 6-8 September 2013 mendatang kemungkinan belum akan memutuskan kadernya yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2014, meski diunggulkan di berbagai survei.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Jendral PDIP, Tjahjo Kumolo di DPP PDIP bilangan Jakarta Selatan, Rabu, (4/9/2013), saat disinggung siapa Capres dan Cawapres yang akan diusung PDIP.

 

"Soal nama (Capres-Cawapres), ya nanti kita lihat waktu yang tepat. Apakah nanti Rakernas ke III sebagai waktu yang tepat, nanti Ibu Mega yang diberikan mandat pertama akan menyampaikannya," papar Tjahjo.

 

Menurutnya, dalam Rakernas tersebut juga mungkin saja akan dibahas mekanisme dan syarat apa saja yang harus dipenuhi Capres-Cawapres yang akan diusung PDIP.

 

"Mekansime partai sudah diputuskan dalam Rakenas pertama. Dalam Rakernas ketiga, tidak menutup kemungkinan ada masukan-masukan dari daerah menyangkut mempertegas nama, mempertegas kriteria, tapi momentum dan gelagatnya kita tidak akan putuskan dalam Rakernas," paparnya.

 

Tjahyo menambahkan, dalam Rakernas nanti ada tiga poin yang akan dibahas, pertama; masalah kepemimpinan nasional. Kedua, memfokuskan dengan mematangkan program kerja lima tahun pemerintahan kedepan, bahkan hingga 30 tahun mendatang yang akan dilaksanakan oleh presiden jika PDIP menjadi partai pemenang Pemilu 2014.

 

"Ketiga, mengevaluasi menyeluruh struktural parai, mulai dari pusat hingga bawah (desa) agar lebih siap dan matang dalam menggerakan mesin partai untuk memenangkan Pemilu 2014," ungkap dia.

 

Dia menilai bahwa di tahun 2014 merupakan tahun penentuan sekaligus tantangan. Karena di situ ditentukan kemana arah negara ini dibawah.

 

"Siapapun kedepan yang memimpin, mereka akan tetap menjalankan 'platform' yang kita buat, atau kita bangun untuk memenuhi harapan rakyat Indonesia," tandas dia.(IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version