GATRANEWS

Switch to desktop

KPU Gunung Mas Bantah Lalaikan Sidang DKPP

Jakarta, GATRAnews – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) kembali menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Ketua dan tiga orang komisioner menjadi pesakitan di lembaga yang dipimpin Jimly Asshiddiqie itu.

 

Ketua KPU Gunung Mas, Guna membantah diri dan tiga orang komisioner lainnya lalai menghadiri persidangan di DKPP. Pada dua persidangan sebelumnya, teradu sama sekali tidak hadir padahal sudah diberitahukan sebelumnya. Pada persidangan pertama, dikatakannya bertepatan dengan dengan sidang gugatan salah satu bakal pasangan calon Pilkada Gunung Mas di PTUN Palangkaraya.

 

Selain itu, KPU juga sedang melakukan bimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan pilkada kabupaten tersebut. Kondisi geografis Gunung Mas juga menjadi kendala untuk menghadiri sidang DKPP dan yang berbarengan dengan pelaksanaan pilkada. Ibukota kabupaten ke masing-masing kecamatan membutuhkan waktu lama dan belum beraspal sehingga menyulitkan para komisioner.

 

“Kendala lainnya adalah, kami pun harus melintasi jalur laut yang harus ditempuh dengan jalur motor boat. Jadi dengan ketidakhadiran ini mohon dimaklumkan,” terangnya di hadapan Majelis DKPP yang diketuai Nur Hidayat Sardini, Selasa (10/9) pagi.

 

Sebagaimana diketahui, DKPP menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik KPU Gunung Mas pada Jumat (16/8) dan Kamis (22/8). Pada sidang pertama sidang berlangsung buka tutup. Sedangkan pada sidang kedua, mendengarkan penyampaian pihak Pengadu, meskipun tanpa dihadiri Teradu. (*/Zak) 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version