GATRANEWS

Switch to desktop

KPU Tak Cukup Netral, Perlu Integritas dan Profesional

Lebak, GATRAnews - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie kembali mengingatkan penyelenggara pemilu agar tetap indpenden. Tak hanya sikap, tetapi penampilan luar (looks) juga harus telihat independen.  

 

“Penyelenggara Pemilu tidak boleh berpihak. We must independent. And look independent,” ujarnya dalam acara rapat kerja KPU Banten Lebak, Kamis (15/6) siang di Lebak.  

 

Jimly menegaskan, independensi atau netralitas tidak hanya di mulut tapi juga secara tindakan. Termasuk independen secara moral dan sosial juga diperlukan bagi mereka penyelenggara pemilu. 

 

Penyelenggara Pemilu, menurutnya memiliki tugas besar yaitu menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil. Netralitas tidak semua tertulis dalam peraturan kode etik, namun bisa dirasakan misalnya memberikan perlakukan yang sama kepada peserta pemilu. 

 

“Ketua KPU mancing bareng dengan salah satu peserta Pemilu, yang diobrolkan dalam mancing itu hanya membicarkan soal lele. Tapi bagi peserta Pemilu yang lain, bisa menimbulkan kecurigaan. Untuk itu, kalau mau mancing ajak juga peserta Pemilu yang lain. Ajak pula Panwas,” ujarnya.

 

Selain netralitas, Guru Besar Fakultas Hukum UI ini menegaskan kembali pentingnya integritas penyelenggara pemilu. Demokrasi tanpa integritas, ditegaskannya tidak berarti apa-apa dan hanya pada tingkatan prosedural semata. 

 

“ Sekarang ini yang dibutuhkan adalah demokrasi substansial. Untuk menghasilkan demokrasi yang substansial, maka harus digelar Pemilu yang berintegritas. Guna menghasilkan Pemilu yang berintegritas maka penyelenggara Pemilunya pun harus memiliki integritas,” ujarnya. 

 

Ketiga, adalah profesionalisme dan keempat, transparan. Penyelenggara Pemilu itu yang harus dilayani dua. Pertama adalah voter atau pemilih. Kedua, peserta Pemilu. 

 

“Kita itu pelayan mereka. kita harus melayani secara profesional dan transparan kepada mereka. jangan hanya transparan kepada wartawan atau lsm sementara kepada peserta Pemilu atau kepada masyarakat tidak transparan,” tutup dia. (*/Zak)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version