GATRANEWS

Switch to desktop

PKB Konsultasi Caleg ke PBNU

Jakarta, GATRAnews - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerahkan daftar calon legislatif sementara (DCS) kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, untuk dikonsultasikan.

Penyerahan nama calon legislatif sementara (DCS) yang akan diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut, dilakukan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, didampingi sejumlah pengurus PKB, di kediaman Said Aqil, bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (21/4).

Muhaimin beserta Sekjen DPP PKB Imam Nahrawi; Ketua FPKB DPR RI Marwan Dja'far; Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto; dan Wasekjen DPP PKB Fatchan Subkhi, membacakan komposisi nama caleg tiap daerah pemilihan hingga tuntas.

Imam Nahrawi mengatakan, sudah menjadi keharusan PKB melakukan konsultasi sekaligus melaporkan nama caleg ke PBNU terkait finalisasi pencalegan.

“PKB juga sepakat perlunya pembaiatan secara khusus para caleg, agar ketika terpilih, benar-benar merepresentasikan dirinya sebagai anggota DPR yang sebenarnya," ungkap Imam usai pertemuan.

Mendengar tekad tersebut, Said Aqil Siroj merespons baik kedatangan Muhaimin Iskandar beserta sejumlah pengurus. Tak lupa, Kiai Said mendoakan PKB pada Pemilu 2014 mendatang bisa meraih kemenangan.

"Saya mengharapkan dan mendoakan PKB mendapat kemenangan, lebih berkualitas daripada yang sudah. Kemenangan di masa mendatang, benar-benar harus secara realita," kata Said, yang menjabat Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia ini.

Restu dari Kiai Said tersebut membuat Imam Nahrawi optimis saat penyerahan daftar caleg sementara (DCS) ke KPU, karena sang kiai menghubungkan rencana pengumpulan dokumen tadi pada tanggal 22 April, pukul 14.00 WIB. "Ya itu kebetulan saja, PKB dapat nomor dua," canda Kiai Said.

Terkait restu serta maksud kedatangan Cak Imin dan pengurus, Imam melihatnya sebagai sebuah gambaran pengkaderan kaum Nahdliyin di jalur politik. Apalagi, imbuh Imam, daftar calon legislator PKB tidak terlepas dari unsur NU, baik santri, pengurus, bahkan para kiai.

"Kapasitas politik itu harus disertai dengan representasi pengkaderan. Jadi, memang sudah menjadi keharusan PKB menyampaikan laporan terkait finalisasi daftar caleg, karena pada akhirnya, orientasi caleg harus kembali pada perjuangan dan kepentingan NU," pungkas Imam. (IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version