GATRANEWS

Switch to desktop

PBB Bersumpah Akan Seperti Pemilu 1955 yang Peroleh Banyak Suara

Jakarta, GATRAnews - Partai Bulan Bintang (PBB) berharap Pemilihan Umum 2014 berlangsung jujur dan adil sama seperti Pemilu 1955 lalu. Saat itu PBB yang masih bernama Masyumi mendapatkan perolehan suara sebanyak 6,7%. "Kita bersumpah penyelanggara Pemilu 2014 nanti akan sama seperti tahun 1955. PBB akan mengembalikan semangat 1955 dengan memperoleh suara yang lebih banyak," ungkap Ketua umum PBB MS Kaban di Jakarta, Jumat, (17/5).

 

Kaban menambahkan Pemilu 1955 menurutnya adalah pemilu terjujur dalam sejarah Indonesia. "Pemilu terjujur yang pernah ada di Indonesia. Untuk tahun depan saya harap kader PBB bersemangat untuk mewujudkan pemilu yang jujur," tambahnya.

 

Seperti diketahui dengan berbagai macam problem yang ada, Pemilu 1955 berhasil diselenggarakan. PNI (Partai Nasional Indonesia) ketika itu keluar sebagai peraih suara terbanyak dengan 8.434.653 suara untuk Parlemen dan 9.070.218 untuk Konstituante. Kemenangan PNI disusul oleh Masyumi, Nahdlatul Ulama dan PKI (Partai Komunis Indonesia). Sementara itu Partai Serikat Islam (PSI) sebagai partai yang populer di lingkungan intelektual, harus puas berada di posisi ke-8 dengan perolehan suara 753.191 untuk Parlemen dan 544.803 untuk Konstituante.

 

Kesuksesan menyelenggarakan Pemilu yang jujur dan adil, terlebih di saat negeri ini baru saja merdeka dan sebagian besar panitia penyelenggaranya buta huruf, dianggap sebagai pencapaian besar bangsa Indonesia dalam berdemokrasi. (*/WN)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version