GATRANEWS

Switch to desktop

Waspada! Sebaran Uang Palsu Dalam Pemilukada Meningkat

Denpasar, GATRAnews - Dalam setiap Pemilukada boleh jadi sebaran uang meningkat. Uang kartal, dalam catatan Bank Indonesia (BI) Wilayah III, Bali, Nusa Tenggara yang tersebar per Maret lalu mencapai sekitar Rp 1, 594 triliun. Tetapi, ada hal yang perlu disimak dalam putaran uang dalam program Pemilukada ini. Yakni uang palsu yang selalu tersebar dalam hajatan politik seperti Pemilukada.

“Itu selalu ada dalam even politik, seperti Pemilukada di Jawa Barat dan Sumatera Utara yang lalu,” kata Winda Puri Listya, Staf Humas Kantor BI Wilayah III kepada GATRA news, Senin 29 April 2013.

 

Winda menuturkan, saat ini kantor BI di Bali sudah memonitor sebaran uang palsu yang ada di Bali. Jika dikorelasikan dengan Pemilukada, saat ini catatan BI, uang kartal yang palsu mulai meningkat. “Pantauan BI dari Maret 2012 hingga saat ini, ada kenaikan jumah uang palsu sekitar 6,51 %,” kata Winda.

 

Uang palsu tersebut, kata Winda, lebih banyak jenis pecahan uang yang besar. Hal ini tentu saja penting bagi masyarakat untuk menengarai proses demokrasi. Bahwa proses putaran uang yang harus dimonitor, tentu ada peredaran uang palsu pula yang selalu rutin mewarnai hajatan politik. (ANS)

 

 

 

 

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version