GATRANEWS

Switch to desktop

Hasil Dua Hitung Cepat Alex Noerdin Menangi Pilkada Sumsel

Palembang, GATRAnews - Berdasarkan hasil hitung cepat sementara yang dilakukan Pusat Kajian dan kebijakan Pembangunan Strategis, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin-Ishak Mekki nomor urut 4 pada Pilkada Sumsel, Kamis, unggul bila dibandingkan dengan pasangan calon lainnya.
"Pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki memperoleh sekitar 35,02 persen suara," kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian dan kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid di Palembang, Kamis,seperti dikutip Antara.
 
 
Menurut dia, dari hasil hitung cepat itu pasangan Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) memperoleh 33,23 persen suara, sedangkan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1) 17,44 persen dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) 14,31 persen.
 
 
Sementara menurut hasil hitung cepat Indo Barometer, juga menunjukkan Alex Noerdin memimpin. Pasangan Alex Noerdin-Ishak Makki mendapat 36,02%, diikuti pasangan nomor 3 Herman Deru-Maphilinda memperoleh 33,00% suara.
 
 
Sedangkan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1) 19 66% dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) 11,32%.
 
 
Husin Yazid mengatakan, Puskaptis mengambil sampel itu di 15 kabupaten dan kota di Sumsel.
 
 
Margin error sekitar satu persen dengan angka partisipasi pemilih diperkirakan 66 persen, katanya.
 
 
Tingkat partisipasi yang tinggi itu ada di empat daerah yang melaksanakan pilkada bupati dan wakil bupati yakni Kabupaten Empat Lawang, Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Lahat.
 
"Adapun tingkat kepercayaan sekitar 95 persen," katanya.
 
 
Pada hitung cepat itu pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki unggul di sembilan kabupaten dan kota, kemudian Herman Deru-Maphilinda di lima kabupaten dan kota dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir di satu wilayah.
 
 
Pilkada Sumsel, 6 Juni 2013 dilangsungkan di 16.579 TPS tersebar di 11 kabupaten dan empat kota dengan 5.820.453 DPT. (Dh)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version