Wiranto: Ormas Anti Pancasila Bakal Ditertibkan

Jakarta, GATRAnews - Ratusan ribu organisasi kemasyarakatan (ormas) di Indonesia bakal ditertibkan dalam waktu dekat ini. Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan menyebut banyak ormas menolak dan bertentangan dengan Pancasila. 


"Sekarang sedang melakukan satu proses penertiban keberadaan ormas di Indonesia. Jumlah ormas saat ini 254.633 yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM," ujar Menteri Koordinator bidang Polkam Wiranto di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (14/12).

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ini menambahkan pendaftaran ormas di Kementerian Hukum dan HAM harus diperketat. Kemudahan tersebut bisa menjadi pintu masuk maraknya ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

Selain menertibkan ormas anti Pancasila, Wiranto menyebut ormas yang tidak sejalan dengan pemerintah ikut ditertibkan. Ormas yang sudah ada diupayakan untuk sejalan dengan pemerintah.

"Ormas melakukan pendaftaran online ini yang harus hati-hati. Jangan sampai kita memberikan satu kesempatan lewat hukum (untuk ormas) yang nyata-nyata bertentangan dengan Pancasila," pungkas Wiranto.

Namun, Ketua Umum Partai Hanura ini tidak merinci kapan kebijakan penertiban ormas tersebut akan dilakukan.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Share this article