Soal Status Ahok, Mendagri Sudah Kirimkan Surat Permintaan Fatwa ke MA

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Dalan Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta fatwa dari Mahkamah Agung (MA) soal polemik pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat ini menjadi terdakwa kasus penistaan agama. Mendagri pun langsung merespon dengan mengirimkan surat ke Ketua MA Hatta Ali hari ini. Namun surat permohonan fatwa itu tak bisa langsung diserahkab karena MA sedang melangsungkan rapat paripurna.

"Saya menyampaikan langsung kepada Ketua MA, intinya satu bahwa tadi pagi yang tadinya saya mau menyerahkan langsung, tapi bapak ketua sedang rapat paripurna MA maka surat saya tinggalkan di sekretariat," kata Tjahjo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/2). Tjahjo menghargai adanya perbedaan pendapat tentang keputusannya yang tidak memberhentikan Ahok. Ia akan menjalankan apapun fatwa MA. 

"Intinya kita mohon keluarkan fatwa MA terkait apakah kebijakan yang saya ambil kemudian dan munculnya berbagai pendapat berbeda maupun yang sama, saya menghargai itu semua maka kami mengajukan fatwa ke MA sudah itu aja nggak bilang apa-apa," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Share this article

Tagged under