Pekan Depan Angket ‘Ahok Gate’ Dibahas Dalam Bamus DPR

Jakarta, GATRAnews - Penggunaan hak angket yang diajukan empat fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terkait dugaan pelanggaran UU Pemda oleh Kemendagri telah dibahas dalam rapat pimpinan (Rapim).

 
Selanjutnya, angket dengan nama ‘Ahok Gate’ ini akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR RI setelah dibahas lagi dalam Badan Musyawarah (Bamus).
 
“Sudah sampai rapim dan sudah sampai penjadwalan Bamus. Kemungkinan Bamus itu kalau enggak Senin, Selasa (22-23 Februari). Untuk membahas lanjutan dari usulan, yaitu penjadwalan untuk dibaca di paripurna,” kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (17/2).
 
Politisi PKS ini menambahkan, dalam rapat Paripurna, angket soal ‘Ahok Gate’ ini hanya akan dibacakan saja. Prosesnya juga akan terbilang panjang mengingat enam fraksi di DPR RI tidak setuju soal hak angket ini.
 
“Jadi bisa panjang waktu untuk pengambilan keputusannya, kalau paripurnanya baru hanya pembacaan, lalu ada jeda untuk persetujuan hingga lobi untuk siapa yang setujui dan enggak, akan panjang itu,” jelasnya.
 
Terlepas dari enam fraksi yang tidak setuju soal penggunaan hak angket ini, menurut Fahri, tetap akan dibawa ke rapat paripurna. Sebab, angket merupakan hak dari para wakil rakyat bukan hak fraksi. Pun soal pengambilan keputusannya dilakukan secara orang per orang.
 
“Terus bergulir (Angket Ahok Gate) di tahap penjadwalan sudah disepakati di rapim untuk di bamuskan,” demikian Fahri.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Share this article

Tagged under