Workshop Tips dan Peluang Radio di Era Digital

Jakarta, Gatra.com - Indonesia Radio Marketing Forum dan Threepoints Media Service  telah menyelenggarakan kegiatan Workshop untuk Insan Marketing Radio se Indonesia di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 6 desember 2017 lalu.


Acara yang dibuka pada pukul 09.00 pagi itu menghadirkan 3 pembicara sebagai pelaku Industri Radio dan pelaku Digital Marketing Indonesia, adalah Dudu Abdullah selaku CEO dari Threepoints Media Service selaku Ketua Indonesia Radio Marketing Forum sebagai pembicara pertama. Pembicara kedua adalah Arfitrianto Zulnaini yang merupakan GM Marketing Online & Group Strategy SCM juga mantan Optimization Strategist Yahoo SEA,  Pembicara terakhir adalah Indra Agustian Pribadi  yang merupakan VP of Digital Communication ASIAN GAMES 2018 sekaligus Head of e-Commerce Beiersdorf Indonesia.

Menurut Aryasena dari Swaragama FM Yogyakarta sebagai ketua pelaksana, acara ini diadakan sebagai media pembelajaran bagi Insan Radio tentang Perubahan Bisnis Radio yang mengarah ke Bisnis Digital yang menjadi trend saat ini, apabila Radio tidak mengantisipasi perubahan ini akan tentu akan membahayakan Industri Marketing Radio di Masa yang akan datang.

Workshop Tips dan Peluang Marketing Radio ini diawali oleh pemaparan Bapak Dudu Abdullah yang menyampaikan tentang perubahan Periklanan saat  ini yaitu meningkatnya Budget Advertising di Dunia Digital. Radio masih memiliki kesempatan mendapatkan kue Iklan tersebut asal mau berubah melalui perubahan Revenue Model yang baru, Pembenahan SDM yang berorientasi kepada dunia Digital, dan Konsolidasi bersama seluruh Radio Indonesia bergerak menuju era digital. Pendengar Radio akan masih terus ada akan tetapi permasalahannya adalah bahwa pengiklan saat ini mengarahkan budgetnya untuk beriklan di Dunia Digital dari situlah diharapkan Radio melakukan perubahan beradaptasi terhadap trend ini.

Materi kedua disampaikan oleh Arfitrianto Zulnaini dengan mengangkat topik : pengenalan apa itu  Programmatic Buying dimana Pengiklan saat ini berusaha mendapatkan Audiens yang tepat sesuai dengan target. Dari penjelasan yang disampaikan oleh beliau dapat dilihat betapa Fakta yang terjadi saat ini adalah Meningkatnya Belanja Iklan Digital  karena  semua yang ada di dunia Digital Marketing dapat di ukur serta di analisa dan terakhir beliau menyatakan bahwa Audience Buying akan menjadi trend di masa yang akan datang.

Acara Worshop Radio Marketing Indonesia ini diakhiri oleh penyampaian pembicara ketiga yaitu Indra Pribadi yang memaparkan tentang pandangan pengiklan terhadapat Digital Marketing khususnya di bidang e-commerce. Selain itu beliau juga memaparkan tips dan trik di dunia Media Sosial dan cara mengatur Media Sosial yang dimiliki oleh media. Acara yang diakhiri pada pukul 12.00 ini dilanjutkan dengan Forum Group Discussion yang membahas 4 tema berbeda yaitu : Mengembalikan Kepercayaan Pengiklan, Monitoring Report, Sosial Media Strategy dan Masa Depan Radio Indonesia.

 

If you would like more information about this topic, please contact Dudu Abdullah at 021 7201561 or email at This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Share this article