Timnas U-19 Hanya Mampu Bermain Imbang

GATRA - Thursday, 18 May 2017 19:15
Uji Coba Timnas U-19 di Bali (ANTARA/Fikri Yusuf)
Uji Coba Timnas U-19 di Bali (ANTARA/Fikri Yusuf)

Jakarta, GATRAnews - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 meraih hasil imbang dengan skor 1-1 dalam laga uji coba pertama di Bali, Rabu (17/5), saat berhadapan dengan tim Liga 2 Celebest FC. Dalam laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, itu, Garuda muda mencetak gol melalui Feby Eka di menit ke 32. Sementara gol penyama Celebest FC ditorehkan oleh Ari Kiswanto melalui tendangan penalti di menit 90.



Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri, mengatakan sebenarnya timnas tampil menekan lawan selama laga, tetapi tidak bisa mencetak gol karena lemahnya penyelesaian akhir. "Penyelesaian akhir memang masih menjadi PR kami. Anak-anak harus lebih serius menyelesaikan peluang. Semoga kekurangan itu bisa kami benahi," ujar Indra seperti dikutip dari Antara.

Sementara kubu Celebest United menyambut positif hasil pertandingan persahabatan tersebut.

Pelatih Celebest Rudy Eka mengatakan anak-anaknya tampil dengan konsisten. "Saya cukup senang karena konsistensi permainan kami terjaga dengan baik," tutur Rudy, sembari mengungkapkan harapan pelatih Indra Sjafri bisa menemukan ciri khas permainan timnas U-19.

Selanjutnya, timnas U-19 akan berhadapan dengan Perseden Denpasar pada Jumat (19/5), mulai pukul 16.00 WITA, masih di Stadion I Wayan Dipta, Bali.

Timnas U-19 sendiri sedang dipersiapkan untuk berkiprah di beberapa kompetisi. Kejuaraan terdekat yang akan diikuti adalah Turnamen Toulon 2017 di Prancis. Indonesia yang bergabung di Grup C memulai petualangannya pada Rabu (31/5) melawan Brasil, kemudian dilanjutkan dengan laga kontra Republik Ceko, Sabtu (3/6) dan terakhir Skotlandia, Selasa (6/6).

Kemudian Garuda muda berkiprah di Piala AFF U-18 pada 4-17 September 2017 di Yangon, Myanmar. Di sana, Indonesia bergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina dan Selandia Baru.

Setelah itu, timnas akan berkompetisi di kualifikasi Piala Asia U-19 2018 pada 31 Oktober-8 November 2017. Pada kejuaraan ini, Indonesia masuk di Grup F, dan nantinya berhadapan dengan Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Indonesia sendiri adalah salah satu kandidat kuat tuan rumah Piala Asia U-19. Jika terpilih jadi penyelenggara, timnas tak perlu ikut kualifikasi dan langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-19.




Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay