Komunitas Pecinta Kereta Spoorlimo Lakukan Penghijauan di Stasiun Sikampuh  

 

Purwokerto, GATRAnews – Puluhan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api Spoorlimo Purwokerto melakukan aksi penghijauan di Stasiun Sikampuh, Cilacap. Kegiatan ini merupakan bakti sosial Komunitas Spoorilimo bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto.

 

Perwakilan Komunitas Spoorilimo, Deny Setyadi mengatakan penghijauan yang dilakukan di Stasiun Sikampuh bertujuan agar Stasiun ini rindang oleh pepohonan dan tampak indah. Selain itu, pihaknya juga mengkampanyekan gerakan melestarikan alam dengan menanam pohon. Dia berharap, nantinya, pepohonan yang ditanam itu bisa menambah nyaman Stasiun Sikampuh.

"Penghijauan ini diikuti oleh sekira 25 anggota komunitas spoorlimo yang ada di Purwokerto dan Cilacap. Secara bertahap, penghijauan juga akan dilakukan di stasiun-stasiun lainnya," kata Deny, Senin (7/8). Deny menjelaskan, anggota komunitas ini tersebar mulai wilayah Purwokerto, Brebes, Cilacap, Kebumen hingga Purworejo.

Sementara, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan pihaknya dengan Komunitas Spoorlimo memang sudah melakukan kerja bersama. Selain di penghijauan ini, komunitas pecinta kereta itu juga kerap dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan PT KAI lainnya. Antara lain, menjadi relawan dalam posko KA di Stasiun Besar Purwokerto.

“Sebelum ini, kami juga melibatkan mereka sebagai relawan dalam masa angkutan lebaran 2017 lalu. Yang terdekat besok, mereka juga akan kami libatkan dalam acara Banyumas Extravaganza,” jelas Ixfan.

Ixfan menambahkan, PT KAI mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Spoorlimo ini. Sebab, mereka kerap berkegiatan yang bernilai positif, seperti sosialisasi keselamatan kereta api. Dia yakin, apa yang dilakukan oleh  spoorlimo ini akan meningkatkan citra kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan tepat waktu.


Reporter: Ridlo Susanto

Editor: Rosyid

Share this article