Ribuan Nelayan Cilacap Gelar Sedekah Laut

Sedekah laut di Laguna Segara Anakan, Cilacap. (GATRA/Ridlo Susanto/HR02)

Cilacap, Gatracom – Ribuan nelayan di Cilacap, Jawa Tegah menggelar sedekah laut di berbagai kawasan berbeda. Di Cilacap pesisir, sedekah laut dipusatkan di Pendopo Kabupaten Cilacap dan Pantai Teluk Penyu yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Jumat (6/10).



Ritual di Pantai Selatan dimulai Kamis kemarin. Lantas, prosesi lanjutkan dengan selamatan pada Kamis malam dan Jumat pagi ini. Ritual itu dimulai dengan prosesi penyerahan ‘jolen tunggul’ dari Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada sesepuh nelayan setempat untuk dilarung bersama 10 ‘jolen’ lain yang diberikan oleh rukun nelayan di Cilacap.

Jolen itu kemudian diarak dari Pendopo Kabupaten menuju menuju Pantai Teluk Penyu dan selanjutnya dilarung di Pulau Majeti sebelah selatan Pulau Nusakambangan.

Sementara, di Kampung Laut, nelayan setempat juga menggelar larung laut di Kawasan Laguna Segara Anakan. Tokoh nelayan setempat, Sutarno Paino mengatakan gelaran ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Kampunglaut dan Cilacap sejak berabad lalu. Ritual dilakukan selama dua hari, mulai Kamis sore, dengan puncak larungan atau buang sesaji ke tengah laut.

“Larung itu sudah dimulai sejak kakek nini (nenek moyang) kami. Dan itu tidak boleh hilang. Maka, tiap tahun pada bulan sura itu dilaksanakan syukuran para nelayan. Karena itu merupakan budaya masyarakat nelayan. Tujuannya, kami ini sebagai masyarakat nelayan bersyukur atas rejeki Allah yang diberikan kepada kami,” jelasnya.

Dalam gelar tradisi sedekah laut ini, Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah menyiagakan 300 personil gabungan. Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kabag Ops Kompol Faisal Perdana mengatakan kegitan pengaman dimulai dengan pengamanan ziarah di Karang Bandung Nusakambangan kamis tanggal 5 Oktober 2017 dengan menggunakan kapal Patroli satuan Polisi Perairan Polres Cilacap.

Kegiatan itu lantas dilanjutkan dengan pengamanan malam tirakatan yang digelar di Pendopo Kabupaten Cilacap. Adapaun acara inti sedekah laut berupa prosesi dan kirab larung joleng di pantai teluk penyu Cilacap tanggal 6 Oktober 2017 dimulai dari pendopo Kabupaten Cilacap.

“Kami juga tempatkan personil Binmas untuk memberikan himbauan kepada para pengunjung agar berhati hati terhadap barang bawaan seperti dompet handhone agar tidak ambil oleh para pelaku kejahatan saat berdesak-desakan" ujar Fasisal.





Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Share this article

Tagged under