Hebat, 7 Prodi ITB Masuk Peringkat Top Dunia

Bandung, GATRAnews - Sebanyak tujuh program studi (prodi) di Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menembus ranking top perguruan tinggi di seluruh dunia. Prestasi prestisius yang ditorehkan ITB ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Sebagai gambaran, tahun 2015 lalu, hanya tiga prodi di ITB yang masuk peringkat dunia.

 

Masuknya beberapa prodi di ITB dalam QS World University Ranking, menurut Wakil Rektor ITB Bidang Riset dan Inovasi, Prof Bambang Riyanto, semakin mengukuhkan pamor ITB sebagai salah satu universitas atau perguruan tinggi top tak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. ITB terus berupaya mensejajarkan diri dengan universitas-universitas top dunia seperti Harvard University dan lain-lain.

 

Prof Bambang Riyanto mengatakan ketujuh prodi tersebut yaitu Art & Design (peringkat 51), Computer Science & Information Systems (351), Chemical Engineering atau Teknik Kimia (251), Electrical Engineering (Teknik Elektro) peringkat 301, Mechanical, Aeronautical Engineering & Manufacture (Teknik Mesin) peringkat 251, Agriculture & Forestry atau Teknik Pertanian dan Kehutanan (201) dan Business & Management Studies (251).

 

Baca Juga:

Rektor ITB: Setelah 100 Tahun Akhirnya Kami Punya Kampus 400 Hektar

Pemerintah Segera Bangun Kampus ITB Baru 400 Hektare

ITB Resmikan 5 Pusat Riset Seluas 42 Ribu Meter Persegi 

 

 

Selain tujuh prodi tersebut, dua Fakultas di ITB juga menembus ranking dunia, yaitu Engineering & Technology (215) dan Social Science & Management (293). 

 

"Dibanding tahun lalu, kita mengalami kenaikan pesat berdasarkan jumlah prodi yang masuk perigkat maupun ranking dunia. Tahun lalu hanya tiga prodi yang masuk, sekarang tujuh. Selain itu ada dua fakultas yang masuk," kata Bambang saat dihubungi Gatra, Kamis (9/3).

 

Bagi ITB, makin banyaknya prodi di ITB yang masuk peringkat dunia akan semakin memotivasi ITB untuk terus mengembangkan riset maupun meningkatkan dari aspek pendidikannya. Selain itu, kata Bambang, dengan masuknya ITB ke jajaran universitas top dunia akan membuat ITB dikenal luas oleh dunia.

 

"ITB juga akan semakin mudah menjalin kerjasama dengan universitas dunia maupun lembaga-lembaga dunia. Ini kebanggan bagi seluruh civitas akademika ITB maupun para alumni," kata Bambang.


Reporter: Muha Zain

Editor: Dani Hamdani

Share this article