Kenalkan Budaya Pada Anak Lewat ‘Ceria Warna Nusantara’

Jakarta, GATRAnews - PT Standardpen Industries, produsen oil pastel dengan merek Pascola, menyelenggarakan Lomba Mewarnai Nasional Pascola untuk anak-anak.


Lomba yang mengambil tema ‘Ceria Warna Nusantara’ ini berlangsung di Thamrin City Mall Jakarta. Dengan mengangkat budaya Indonesia yang kaya warna, seperti Pascola, alat mewarnai ini ramah pada kulit anak.

“Tema ini diangkat sebagai bentuk kepedulian Standardpen terhadap budaya Indonesia yang kaya dengan warna seperti warna Pascola. Dengan lomba mewarnai ini kami ingin mengenalkan budaya, ikon Nusantara yang berbeda-beda dan berwarna,” ujar Marketing Manager PT Standardpen Industries, Niken D. Mahanani, di Jakarta, Sabtu (12/8).
 
Di sisi lain, tambah Niken, mewarnai merupakan pendidikan dasar bagi anak dalam menambah wawasan sekaligus mengasah motorik anak untuk lebih kreatif.

“Tujuan dari lomba ini agar anak-anak lebih kreatif lagi dalam berkarya, apalagi yang diwarnai adalah simbol-simbol budaya Indonesia,” imbuhnya.
 
Sebagai perwakilan Indonesia, anak-anak akan mewarnai simbol-simbol dari tiga provinsi: Sumatera, Bali, dan Jawa.
 
Anak-anak Medan, Makassar dan Balikpapan berkesempatan mewarnai ikon dari Sumatera yaitu rumah adat Minangkabau dan pakaian adat Minang. Berbeda dengan Semarang yang mewarnai Borobudur dan Yogyakarta yang mewarna adat Jawa. Sementara Jakarta dan Surabaya berkesempatan mewarnai adat Bali.
 
“Kami ingin anak-anak Indonesia lebih mengenal lagi tentang budaya daerah lainnya juga lebih memahami budaya dan adatnya sendiri. Setidaknya dengan hal sederhana ini bisa menumbuhkan rasa cinta anak-anak pada budaya Indonesia,” papar dia.
 
“Lewat lomba mewarnai ini, selain mengenalkan budaya Indonesia, Standardpen sebagai produsen alat tulis asli Indonesia juga ingin membantu promosi wisata Indonesia,” tambah Niken.
 
Lomba Mewarnai ‘Ceria Warna Nusantara’ digelar sepanjang bulan April-Agustus di 16 kota dari 13 Provinsi, yakni Semarang, Malang, Bali, Tasikmalaya, Surabaya, Jakarta, Cilegon, Yogyakarta, Bandung, Lampung, Medan, Bukittinggi, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Batam.


Editor: Arief Prasetyo

Share this article