KKP Kampanyekan Laut Bebas Plastik Lewat Bazaar

Nilanto Perbowo Bumbuhkan Tanda Tangan (Foto: KKP)

Jakarta, GATRAnews – Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan Kampanye Laut Bebas Plastik berjudul “Gerakan Bersama Singkirkan dan Urusi Sampah Plastik (BUSUSI)”.


Kampanye ini diinisiasi Irwan Fakhri Kabag Kinerja Biro Perencanaan KKP dan Esti Budiyarti Kabag Hukum Kerja Sama dan Humas Ditjen Penguatan Daya Saing. Kampanye dilakukan pada saat KKP menggelar bazaar pada 7-8 September 2017 di area parkir Kantor KKP Gedung Mina Bahari 3, Jakarta.

Di awal kampanye,  Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo sempat memberikan seruan tegas, "Ayo kita mulai sama-sama bergerak untuk menggunakan plastik seminimal mungkin.”

“Kita gantikan dengan bahan yang lain, apakah dengan kain bahkan kertas sebagai alat untuk menyimpan, membawa produk apa pun supaya mengurangi beban lingkungan yang semakin berat akibat pencemaran yang ada,” ujar Nilanto melalui pesan tertulis, di Jakarta, Selasa (12/9)

Selanjutnya, Nilanto membubuhkan tanda tangan sebagai wujud dukungan pengurangan sampah plastik.

Lantas, Panitia Kampanye membagikan Pin Laut Indonesia Bebas Sampah Plastik kepada pedagang bazaar, sekaligus menitip pesan agar pedagang tidak menawarkan kantong plastik kepada pembeli. Hampir seluruh pedagang bazaar KKP menerima pesan itu dan meneruskan pesannya kepada pembeli.
 
Bazaar hari kedua, Kampanye Laut Bebas Plastik melakukan penggalangan dukungan pengunjung bazaar berupa pengumpulan tanda tangan komitmen, swipping kantong plastik diganti dengan kantong ramah lingkungan.

Tujuan diadakan gelaran bazaar ini sebagai sarana promosi produk perikanan sekaligus mendekatkan dengan konsumen, serta mengenalkan produk hasil inovasi hasil perikanan.

Bazaar mengikutsertakan 42 pedagang produk perikanan dan 60 pedagang nonproduk perikanan. Total omzet yang diperoleh pedagang produk perikanan sekitar Rp 200-300 juta, dengan produk yang ditawarkan seperti olahan ikan, ikan beku, ikan segar, olahan rumput laut, kuliner ikan, siomay, bandeng crispy, ikan segar dan beku.


Editor: Arief Prasetyo

Share this article

Tagged under