Pekan Teater Nasional Digelar Perdana di Yogyakarta

Yogyakarta,GATRAnews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Pekan Teater Nasional di Taman Budaya Yogyakarta, 10-15 Agustus. Ajang yang diikuti 10 kelompok teater sebagai upaya menjawab anggapan meredupnya jagat teater nasional.

 

Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Restu Gunawan menuturkan, kegiatan perdana ini direncanakan digelar setiap tahun di berbagai kota di Indonesia.

 

“Yogyakarta menjadi kota pertama pelaksanaan karena di kota ini banyak terlahir aktor dan aktris kondang, terutama di dunia teater. Kota ini dalam dunia kesenian Indonesia juga dianggap sebagai kawah Candradimuka para seniman muda,” jelas Restu di Kantor Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta, Selasa (8/8).

 

Dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya, gelaran Pekan Teater Nasional akan menampilkan 10 kelompok teater nasional yang lolos seleksi dari sepuluh mentor.

 

Sepuluh kelompok teater tersebut adalah Teater Smero dari Yogyakarta, Sanggar Seni PPST (Malang), Teater Baret (Pontianak), Tirang Community (Semarang), Komunitas Seni Nan Tumpah (Padang), Sanggar Kreatif (Manado), Teater Bingkai (Palembang), Teater Grisbon (Makasar), Lorong Junior (Jakarta), dan Sanggar Anak Semesta (Mataram).

 

Kelompok teater terpilih tersebut didampingi sepuluh mentor yakni Riantiarno, Rachman Sabur, Yose Rizal Manua, Dinda WS, Rindi Anwar, Kus Yuliadi, Whani Darmawan, Iswadi Pratama, Aditya Gumay, dan Bambang Prihadi.

 

“Kami tentu saja berharap kehadiran Pekan Teater Nasional bisa kembali menumbuhkan semangat berteater di kalangan anak muda yang selama beberapa tahun terakhir ini seperti kesulitan mendapatkan penerus,” lanjutnya.

 

Kepala Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta Umar Priyono menyambut baik terpilihnya Yogyakarta sebagai kota pertama pelaksanaan Pekan Teater Nasional.

 

“Jika mengacu pada jadwal, setiap malam akan ada dua kelompok teater yang tampil di pangung mulai pukul 19.00 WIB,” ujarnya.

 


Reporter: Arif Koes Hernawan

Editor: Rosyid

Share this article

Tagged under