Geographies: Menilik Lanskap Meksiko dalam Perspektif Kontemporer

Jakarta, Gatracom – Betsabeé Romero, Maria José de la Macorra, Enrique Rosas, dan Alfredo de Stefano berkolaborasi dalam “Geographies”. Pameran seni kontemporer yang menyajikan lanskap serta realitas personal Meksiko dalam karya instalasi, seni digital, dan fotografi.


Para seniman Meksiko itu akan membawa pengunjung melintasi berbagai dimensi ekspresi seni Meksiko dalam kerangka konseptual geografis. Warna-warna alam yang kontras diberi nuansa artistik, seperti warna pasir hingga lanskap laut yang terkesan futuristik. Dialog kebudayaan antara Meksiko dan Indonesia melalui pameran ini kian mempererat hubungan diplomasi antar kedua negara.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus ‘Andre’ Sukmana menuturkan antusiasmenya dalam acara pembukaan pameran Geographies. Menurutnya, ini bukan pertama kalinya Indonesia bekerja sama dalam dialog artistik dengan Meksiko.

“Kami punya kesempatan kerja sama dengan Meksiko sekitar empat kali. Kali ini Indonesia mendapat kesempatan untuk menyaksikan karya-karya dari empat seniman kontemporer Meksiko,” ujarnya di acara pembukaan Geographies, Rabu (29/11).

Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Federico Salas juga turut menyampaikan semangatnya dalam penyelenggaraan pameran. Para seniman yang berpartisipasi memiliki talenta besar dalam menuangkan lanskap serta kenyataan pribadi Meksiko saat ini.


“Karya para seniman ini akan membawa masyarakat Indonesia menjadi lebih dekat ke beberapa pelopor ekspresi seni Meksiko. Ini akan terus meningkatkan pemahaman timbal balik kita melalui bahasa seni universal,” jelas Federico.

Pameran yang dibuka untuk umum mulai 30 November 2017 hingga 11 Desember 2017 mendatang ini bisa dinikmati di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.


Reporter: DFS
Editor: Arief Prasetyo

Share this article