Ini Fokus Honda Pasarkan Moge di Indonesia

GATRA - Monday, 20 March 2017 17:02
Honda CMX500 Rebel menjadi moge keempat yang dirilis AHM di tahun ini. (GATRAnews/Dok. Toha)

Jakarta, GATRAnews - Kehadiran Honda CMX500 Rebel yang diboyong langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dari Thailand menjadi model moge keempat yang diluncurkan pada tahun ini. Kemunculannya pun untuk memperpanjang jajaran big bike Honda yang terlebih dulu dirilis ke Tanah Air.



Sebelumnya, hingga pertengahan Maret lalu, AHM telah meluncurkan Africa Twin, CB500F dan CB500X. Inilah bentuk 'serangan frontal' AHM untuk menguasai pasar motor besar di Indonesia, setelah makin piawai dan menguasai di segmen skutik, bebek dan tentunya sport.

Seperti diketahui, moge Honda yang telah beredar meliputi CBR500R, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, serta CBR1000RR SP. Plus Africa Twin, CB500F, CB500X, serta CMX500 Rebel, kini total ada 9 moge yang dipasarkan lewat jalur diler Big Wing di Indonesia.

Menurut Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, ada tiga alasan yang mendorong agresivitas AHM dalam mempenetrasi pasar moge, yakni perkembangan pasar, kesiapan jaringan penjualan dan luasnya variasi pada segmen tersebut.

Selain itu, lanjutnya, Honda mulai lebih melakukan langkah ofensif di pasar moge pada tahun ini. Dua tahun sebelumnya, Honda secara perlahan mulai membangun jaringan penjualan khusus melalui Big Wing yang kini telah mencapai 10 diler di 9 main dealer Honda di Tanah Air, sambil 'menyicil' model-model baru.

"Pertama, memang pasarnya mulai berkembang. Sejak pertengahan 2015 sampai 2016 ternyata permintaannya mulai bertumbuh dari konsumen. Jadi masyarakat mulai mengenal bahwa Honda punya lini produk motor besar berkapasitas 500 cc ke atas," ," kata Thomas di sela-sela peluncuran CMX500 Rebel di Jakarta, Jumat (17/3) lalu.

Kedua, AHM pada waktu bersamaan mulai membangun jaringan penjualan lewat diler Big Wing yang menghadirkan layanan premium dan khusus melayani permintaan lini moge Honda. Di diler Big Wing Honda juga menyediakan fasilitas dyno test, bengkel dengan pelayanan premium dan teknisi mumpuni.

"Jadi, marketnya tumbuh, pelayanan kita juga sudah mulai siap, kami pun mulai memasukkan model-model yang sesuai dengan permintaan konsumen," ujar Thomas.

Fokus ketiga adalah, AHM melihat bahwa pasar segmen moge ternyata memiliki rentang produk yang luas dan bervariasi sehingga menegaskan terbukanya peluang mempenetrasi pasar tersebut.

"Di segmen moge ada yang adventure, ada yang suka kustom dan ada juga yang model racing. Jadi memang profil konsumen di pasar moge ini sangat bervariasi dibandingkan motor reguler. Hal inilah yang membuat kami semakin menarik untuk melayani konsumen dengan produk-produk yang berbeda," ujarnya.


Editor: Toha