Home Seni |#ac58dc Lima Hari Berlatih, 16 Seniman Muda Terpilih Berangkat ke Broadway

Lima Hari Berlatih, 16 Seniman Muda Terpilih Berangkat ke Broadway

 

Jakarta, Gatra.com – Sebanyak 16 seniman muda terpilih untuk diberangkatkan ke Broadway. Mereka terpilih setelah mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway tanggal 20 - 24 Februari 2019, bertempat di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Program Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia. Sejak dibuka 10 Januari lalu, Program Indonesia Menuju Broadway telah menerima 672 peserta.

Dari jumlah tersebut, kemudian dipilih sekitar 243 peserta untuk mengikuti proses audisi bersama para juri berpengalaman di dunia seni pertunjukan. Sebut saja beberapa nama seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

Baca Juga: Seniman Indonesia Menuju Broadway New York

Peserta yang mengikuti audisi ini sangat beragam. Mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra.

Audisi oleh para juri tersebut berhasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway.

"Dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive - Passport to Broadway merasa terhormat dapat menjalin kerja sama dengan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi akan beragam budaya dan masyarakat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal,” ujar Amy Weinstein, Sutradara Artistik dari StudentsLive - Passport to Broadway, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (24/2).

Dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda. Mereka menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals.

Program-program ini memungkinkan para pelajar maupun seniman generasi muda untuk menjadikan seni sebagai bagian utama kehidupan mereka dan mampu mengeksplorasi beragam seni, tidak hanya sebagai kegiatan tambahan atau hanya sebagai penonton di dalam sebuah pertunjukan broadway.

"Dalam pelatihan intensif ini, para peserta memainkan karya-karya musikal broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat. Dari pelatihan ini, dipilih 16 orang yang berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Baca Juga: Usung Tema Broadway, Java Jazz 2019 Siap Hadirkan TOTO, H.E.R, dan Raveena

Para seniman dari berbagai bidang seni tersebut memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman interaktif melalui program pelatihan teater yang diajarkan oleh para ahli terbaik dan sangat terlatih yang memungkinkan mereka mendapatkan tema pelajaran yang beragam melalui setiap pelatihan yang mereka hadiri.

Mereka juga berkesempatan mengikuti pelatihan intensif dari para aktor yang memiliki disiplin yang tinggi, tanggung jawab karier dari para profesional broadway di balik layar, dan banyak sekali keterampilan yang diperlukan dalam kerja sama kolaborasi, komunikasi dan eksplorasi manusia.

Tidak hanya di Indonesia, StudentsLive-Passport to Broadway juga memperluas kerja sama secara global dan menjangkau negara-negara mitra lainnya seperti, Cina, Jepang, Brasil, Guatemala, Korea Selatan, dan Italia untuk menampilkan bentuk seni Teater Musikal Broadway yang unik ini.

Namun, selama proses pelatihan berlangsung, ada 2 peserta yang mengundurkan diri sementara ke-68 peserta lainnya tetap melanjutkan proses latihan dan berhak tampil di “Broadway Goes to Indonesia” Original Broadway Musical Showcases yang dilaksanakan hari ini.

Setelah melalui semua proses itu, berikut nama ke-16 peserta yang terpilih untuk diberangkatkan ke Broadway:

1. Adyla Rafa Naura Ayu
2. Aldafi Adnan Hutomo
3. Dasrizal
4. Desmonda Cathabel
5. Evelinn Kurniadi
6. Galabby Thahira
7. Gerardo Cristopher Jonathan Tanor
8. Katherine Permatasari
9. Ken Samsara Ajisiwi
10. Lil'li Latisha
11. Muhammad Qardhawi Gad El Haq
12. Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha
13. Palka Kojansow
14. Panendra Larasati
15. Putri Indam Kamila
16. Stephanie Mariska Setiawan


Hidayat Adhiningrat P

1298

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR