Home Hiburan Mengenal Kreator Gundala, Hasmi

Mengenal Kreator Gundala, Hasmi

 

Jakarta, Gatra.com - Menjelang peluncuran film Gundala yang rencananya akan dirilis tahun ini, penting untuk mengingat kreator yang telah membawa Gundala lahir ke dunia. Dia adalah Harya Suraminata atau dikenal sebagai Hasmi. Pada 1969, ia menciptakan karakter Gundala dan memperkenalkannya dalam komik edisi pertama “Gundala Putera Petir”.

Hasmi mulai menggeluti komik sejak berkuliah di Fakultas Desain Grafis di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) pada 1967. Kuliahnya ini tak bertahan lama karena dia kemudian memutuskan untuk fokus menulis Gundala.

Sejak diperkenalkan, ketenaran Gundala tak terbendung. Anak muda menyukai konsep jagoan yang dibuat olehnya. Sejak 1969 hingga 1982, ia menerbitkan 23 judul komik Gundala.

Baca Juga: Gundala versi Joko Anwar Siap Tayang Tahun Ini

Selama menjadi komikus, Hasmi juga menciptakan banyak tokoh seperti Maza, Pangeran Mlaar, Sembrani, Merpati, Jin Kartubi, Kalong, Pengkor, Ghazul, dan Ki Wilawuk. Sampai akhir hayatnya, Hasmi sudah menerbitkan 50 judul dan 200 episode komik dalam hidupnya. Jumlah ini tercatat paling banyak dari artis komik jagoan lainnya di Indonesia.

Pada 2003, Hasmi menjadi salah satu pendiri PT. Bumilangit dengan bercita-cita untuk membangkitkan kembali industri kreatif komik Indonesia. Sebagai Creative Director, Hasmi meletakkan dasar-dasar pengembangan dan pembaharuan karakter-karakter yang dikelola oleh Bumilangit, termasuk Gundala.

Selain berkarier sebagai komikus, Hasmi sempat berkecimpung sebagai penulis skenario film juga teater dan tampil dalam beberapa judul sinetron maupun film. Gundala pun sebelumnya sudah muncul dalam film “Gundala” yang dirilis pada 1981 dan di teater dalam judul “Gundala Gawat” pada 2013.

Baca Juga: Terinspirasi Wiro Sableng, Kartunis Jambi Raih Prestasi Dunia

Di 2016, Hasmi berpulang dalam usia 69 tahun. Hidupnya telah menjadi inspirasi bagi dunia komik dan berkesenian Indonesia. Semangatnya terpatri jelas dalam karya-karyanya. Kini hak terbit Gundala dipegang oleh Bumilangit.

Kini, di 2019, Screenplay Pictures dan Bumilangit Studios bersama Legacy Pictures akan menghidupkan kembali Gundala dengan aktor Abimana Aryasatya dan disutradarai juga ditulis naskahnya oleh Joko Anwar.


 

Flora L.Y. Barus

 

627

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR