Home Pemerintahan Pusat Menteri Sosial Launching Pencairan Dana Bansos Tahap Pertama NTT

Menteri Sosial Launching Pencairan Dana Bansos Tahap Pertama NTT

 

Maumere, Gatra.com - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pencairan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap Pertama untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) senilai total Rp 627 miliar di Maumere Selasa (19/3). Pencairan Bansos PKH dan BPNT tahap satu berlangsung di Gedung Sikka Convention Center (SCC), Maumere, Flores.

"Hari ini saya menyerahkan bantuan sosial PKH dan BPNT Tahap I untuk Provinsi NTT Tahun 2019 Rp 627 juta meliputi PKH untuk 376.880 keluarga dan BPNT/Rastra untuk 455.947 keluarga. Harapaan saya, bantuan ini dimanfaatkan dengan baik sesuai ketentuannya,” kata Agus Gumiwang.

Mensosmenyebutkan, khusus untuk Kabupaten Sikka, total bantuan Rp28 miliar. Rinciannya untuk 17.728 keluarga PKH dan 19.953 keluarga penerima BPNT.

"Saya berkunjung ke berbagai daerah. Ini untuk memastikan Bansos PKH dan BPNT itu tepat sasaran. Harus dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga dan sekolah anak-anak sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo," kata Agus.

Karena itu dalam kunjungan kali ini, Mensos Agus Gumiwang langsung meninjau dan berdialog dengan masyarakat penerima dana PKH dan BPNT. Juga memantau langsung proses pencairan bantuan oleh ibu-ibu penerima PKH dan BPNT melalui Agen Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank penyalur.

"Saya berharap para penerima Bansos baik PKH maupun BPNT dapat menyisihkan sebagian dana Bansos ini untuk membuka usaha rumahan," kata Agus.

Misalnya berjualan makanan atau membuat kerajinan tangan khas daerah masing-masing. "Karena dana PKH dan BPNT merupakan program prioritas nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial sebagai bentuk upaya penurunan angka kemiskinan," tambahnya.

Kementerian Sosial, jelas Agus Gumiwang, juga menyalurkan bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). “Dengan bantuan untuk KUBE dan UEP ini, kami harapkan kurang dari lima tahun mereka dapat mandiri," katanya.

Turut mendampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang, anggota Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, dan sejumlah pejabat struktural Kemensos. 


Reporter: Antonius Un Taolin
Editor: Mukhlison

1258

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR