Home Politik WNI di Mumbai Antusias Nyoblos

WNI di Mumbai Antusias Nyoblos

Mumbai, Gatra.com - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Mumbai telah menyelenggarakan pemilu pada 14 April kemarin. Bertempat di halaman kantor KJRI Mumbai, pencoblosan di mulai pada pukul 10.00 dan berakhir sekitar pukul 18.00 waktu Mumbai.

Konjen RI di Mumbai, Ade Sukendar menyampaikan rasa terima kasihnya atas antusiasme warga Indonesia yang sudah berpartisipasi pada Pemilu 2019. Ia bangga melihat antusiasme pemiluh berpartisipasi pada pesta demokrasi ini.

"Mereka banyak yang datang dari wilayah yang jauh dari Mumbai hanya untuk dapat menyalurkan hak pilihnya. Di antaranya datang dari Kerala, Chennai, Ahmedabad dan Hyderabad sekitar 1,5-2 jam dengan Pesawat menuju Mumbai, Pune dan wilayah sekitar Mumbai lainnya," ujar Ade dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Gatra.com, Senin (15/4).

Data daftar pemilih tetap (DPT) PPLN Mumbai sebanyak 450 orang, terdiri dari 110 orang yang datang ke TPS secara langsung dan yang mencoblos via pos sebanyak 340 orang. Lalu terdapat 13 WNI yang termasuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), rinciannya 1 orang pemilih via pos dan 12 orang yang datang secara langsung.

Adapun surat suara yang sudah kembali ke KJRI Mumbai sebanyak 178 suara atau sebesar 53% per 14 April 2019. Sementara, untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Mumbai tercatat sebanyak 7 orang. Diharapkan surat suara akan terkumpul seluruhnya hingga batas waktu 17 April.

Sesuai arahan KPU, h-1 pencoblosan yaitu tanggal 13 April 2019, telah dilakukan pemusnahan kelebihan surat suara yang terdiri dari 13 lembar surat suara pemilu presiden dan wakil presiden, serta 13 Surat suara DPR. Jumlah kebutuhan surat suara sebanyak 453 lembar, dan diterima 466 lembar.

 


Reporter: Aulian Putri Pandamsari
Editor: Putri Kartika Utami

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR