Home Ekonomi Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat

Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat

Batam, Gatra.com - Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meningkat selama April 2019. BBM 2,4 persen dan LPG 2 persen.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo, dalam siaran pers yang diterima Gatra.com Kamis (18/4) mengatakan, peningkatan pemakaian ini terjadi lantaran momen Pemilu dan libur.

"Sehari setelah Pemilu, dalam pantauan kami pasokan BBM aman. Konsumsi Pertamax pada hari ini (18/4) sebanyak 852 KL atau naik sebanyak 22 persen dibanding Daily Objective Throughput (DOT) sebanyak 697 KL untuk di wilayah MOR I," terang Roby.

Realisasi rata-rata harian untuk produk-produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) kata Roby meningkat sebanyak 2,9 persen. Sementara untuk produk-produk gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) terjadi peningkatan sebanyak 1,6 persen.

Pada penyaluran LPG, tambahan sebanyak rata-rata 4 persen dari pasokan normal telah disiapkan Pertamina MOR I untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan konsumsi LPG.

"Peningkatan konsumsi LPG di hunian rumah tangga maupun rumah makan terjadi lantaran masyarakat sedang berkumpul bersama keluarga pada saat Pemilu dan hari libur," ujar Roby.

Pertengahan Februari lalu, Pertamina sudah membentuk Satgas Pemilu. Tujuannya untuk memastikan keamanan produksi hingga proses distribusi produk-produk Pertamina kepada Masyarakat.

Dalam pelaksanaan Satgas Pemilu ini, Pertamina berkoordinasi dengan TNI dan Polri, biar keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia lebih terjamin.


Reporter: Romus Panca

1933