Home Milenial Kurangi Sampah di Hari Bumi, Bank DBS Galakkan “Recycle more, Waste less”

Kurangi Sampah di Hari Bumi, Bank DBS Galakkan “Recycle more, Waste less”

Jakarta, Gatra.com – Hari Bumi jatuh pada 22 April tiap tahunnya. Senada dengan itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan pengurangan sampah Indonesia sebesar 30% pada 2025. Dalam upaya mendukung misi tersebut, Bank DBS Indonesia melaksanakan gerakan peduli lingkungan bernama Recycle more, Waste less yang bekerja sama dengan wirausaha sosial dan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF-Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop.

Recycle more, Waste less bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada generasi milenial Indonesia untuk membawa perubahan dengan dimulai dari kebiasan sehari-hari. Melalui gerakan ini, Bank DBS Indonesia turut serta mengajak generasi milenial untuk berkomitmen mewujudkan lingkungan bersih sampah melalui pledging di microsite Bank DBS Indonesia, go.dbs.com/id-rmwl, yang akan langsung terhubung ke media sosial. Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp1.000,00. Dana yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk mendukung program edukasi dan pengentasan masalah sampah di Indonesia.

Terdapat tiga cara pledging yang dapat dilakukan. Pertama adalah dengan menekan pilihan ‘Dukung Sekarang’ yang juga akan terhubung langsung dengan media sosial pendukung dalam bentuk pledging. Kedua, masyarakat dapat memilih dan mengunduh template pledging yang ingin mereka pilih pada website, mengunggah template ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada website dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman. Ketiga, masyarakat juga dapat mendukung gerakan ini dengan mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua.

Baca Juga: Limbah Elektronik Jadi Masalah di Tahun 2025

“Gerakan Recycle more, Waste less melibatkan seluruh generasi di Indonesia terutama milenial untuk lebih kritis terhadap lingkungan sekitar seperti melaporkan penumpukan sampah yang ilegal. Mereka bisa mengambil foto, posting di media sosial mereka lalu tag location dan tag rekan wirausaha sosial kami, Waste4Change, yang juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk ditindak lanjuti. Melalui gerakan ini, kami sebagai institusi perbankan ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Bersih Sampah 2025,” ujar Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika dalam pernyataan yang diterima Gatra.com, Minggu (21/4).

Masyarakat yang berkomitmen dalam mendukung gerakan Recycle more, Waste less dengan postingan terbaik berkesempatan untuk memenangkan paket #TravelForGood, sebuah pengalaman travelling sambil volunteering ke destinasi wisata di Indonesia untuk tiga orang pemenang.

Selain itu, gerakan Recycle more, Waste less juga menghimbau masyarakat untuk melaporkan penumpukan sampah di sekitar yang selanjutnya akan diteruskan ke pihak terkait. Caranya adalah dengan lapor melalui Instagram atau Twitter dan sertakan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025 #(nama daerah)BersihSampah contoh: #JakartaBersihSampah. Sepuluh orang pemenang dengan like dan comment terbanyak dapat memenangkan hadiah bulanan Zero-Waste Kit.

 

 

 

 

1072