Home Politik Partai Golkar Hampir Dipastikan Kuasai Parlemen di Sarolangun

Partai Golkar Hampir Dipastikan Kuasai Parlemen di Sarolangun

Sarolangun, Gatra.com - Partai Golongan karya (Golkar) Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi hampir dipastikan sebagai pemenang untuk menguasai kursi di gedung parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat pada pemilu legislatif (Pileg) tahun 2019 ini.

Hal ini diketahui pada tahapan rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan yang masih berlangsung sampai Selasa (23/4) ini. Berdasarkan data yang dihimpun Gatra.com, dari empat daerah pemilihan (dapil) yang ada di daerah tersebut, Partai Golongan Karya (Golkar) diprediksi akan menduduki kursi pimpinan DPRD Sarolangun periode 2019-2024 mendatang dengan raihan 10 kursi.

Untuk dapil I Kecamatan Sarolangun dan Bathin VIII mereka memperoleh dua kursi atas nama Yusuf Helmi dan Zulkifli Sudin. Lalu, dapil II Kecamatan Pauh, Mandiangin dan Air Hitam tiga kursi atas nama Edi Warman, Cik Marleni dan Amir Mahmud.

"Kemudian diikuti oleh dapil III Kecamatan Pelawan dan Singkut tiga kursi juga, atas nama Tantowi Jauhari, Jefri Sonefil dan satunya lagi masih diperebutkan Caleg yang dibawah. Selanjutnya dapil IV Kecamatan Limun, Cermin Nan Gedang dan Batang Asai meraih 2 kursi atas nama Azakil Azmi dan Pahrul Rozi. Data itu memang belum final untuk pengumuman resminya masih menunggu hasil akhir dari KPU," kata Sekretaris Golkar Sarolangun, Tantowi Jauhari saat dikonfirmasi Gatra.com, Selasa (23/4).

Selain itu, sejumlah partai politik lain juga sudah diprediksi akan mengisi kursi pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun. Yaitu Wakil Ketua I kemungkinan akan menjadi milik Partai Demokrat dengan 5 kursi. Untuk Wakil Ketua II bakal direbut oleh PKS, PPP dan PDI Perjuangan masing-masing mendulang empat kursi.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sarolangun, Musharsyah mengatakan partai Demokrat akan meraih 5 kursi DPRD Sarolangun. Masing-masing 2 kursi di dapil I dan 2 kursi di dapil 3, I kursi dapil II. "Berdasarkan data perolehan suara yang diterima kita akan menduduki unsur pimpinan, yaitu Wakil ketua I DPRD Sarolangun," katanya.

Di tempat lain, Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hapis Hasbiallah mengatakan untuk meraih posisi Wakil ketua II DPRD Kabupaten Sarolangun pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU. "Sekarang kan masih proses rekapitulasi tingkat kecamatan. Kita tunggu aja ya. Insya Allah, kalau Tuhan berkehendak rezeki tidak kemana-mana," kata Hapis.

Hal senada juga disampaikan Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hurmin. "Mudah-mudahan. Doakan saja," kata Hurmin, ketika ditanya apakah ada peluang untuk menduduki kursi wakil II DPRD Sarolangun.

Sementara Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Syahrial Gunawan masih enggan bekomentar, ia mengaku pihaknya sedang fokus menunggu hasil pleno di setiap kecamatan yang saat ini masih berlangsung.

1140