Home Internasional Warganya Enggan Imunisasi, Amerika Serikat Darurat Campak

Warganya Enggan Imunisasi, Amerika Serikat Darurat Campak

Washington, Gatra.com - Kasus penyakit campak ternyata masih menjalar di Amerika Serikat, bahkan kasusnya cenderung meluas. Setidaknya ada 695 kasus penyakit ini pada tahun 2019, jumlah terbanyak setiap tahun sejak penyakit ini dinyatakan hilang pada tahun 2000, kata otoritas kesehatan setempat, Rabu (24/4).

"Tingginya jumlah kasus pada tahun 2019 terutama akibat dari beberapa wabah besar - satu di Negara Bagian Washington dan dua di New York yang dimulai pada akhir 2018," kata Centers for Disease Control (CDC) di dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Gatra.com dari AFP, Kamis (25/4).

Kebangkitan dari penyakit yang sudah diberantas dan sangat menular ini terkait dengan gerakan anti-vaksin yang berkembang di negara-negara kaya - yang diidentifikasi oleh WHO sebagai ancaman utama kesehatan global.

Wabah ini di Amerika Serikat sebagian besar terbatas pada komunitas yang terjalin erat di mana tingkat vaksinasi lebih rendah dari rata-rata nasional sebanyak lebih dari 90%.

Orang yang terinfeksi virus membawanya ke Amerika Serikat dari Israel dan Ukraina dan meneruskannya ke anggota komunitas mereka, banyak dari mereka belum divaksinasi.

Negara Bagian New York dan Washington telah menjadi daerah utama yang terkena dampaknya tetapi kasus ini juga ditemukan di 22 negara bagian.

"Faktor penting yang berkontribusi terhadap wabah di New York adalah informasi yang salah di masyarakat tentang keamanan vaksin campak/gondong/rubela," kata CDC.

Dalam pernyataan terpisah yang mengonfirmasi rekor baru itu, Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Alex Azar mengatakan, "vaksin campak adalah produk medis yang paling banyak dipelajari yang kami miliki, dan keamanannya telah ditetapkan dengan kuat selama bertahun-tahun."

Dia menambahkan bahwa minggu depan, selama Pekan Imunisasi Bayi Nasional, departemennya akan melakukan "kampanye komprehensif untuk memperkuat pesan bahwa vaksin aman dan efektif."

Di New York, komunitas Yahudi Ortodoks di Brooklyn yang terdampak paling parah. Mereka terinfeksi oleh pengunjung dari Israel, di mana wabah penyakit yang berpotensi mengancam nyawa dimulai dari setahun yang lalu.

Awal bulan ini walikota New York mendeklarasikan darurat kesehatan masyarakat di bagian Brooklyn, dan memerintahkan semua penduduk untuk divaksinasi untuk memerangi wabah campak.

Negara bagian Clark di Washington telah melihat wabah ini terkonsentrasi di antara komunitas berbahasa Rusia. Seorang anak membawa virus itu kembali dari Ukraina pada bulan Desember dan menyebar ke 74 orang lainnya, kebanyakan anak-anak, melalui sekolah, supermarket, dan arena bowling.

Negara bagian di barat laut Amerika itu, mendeklarasikan pada bulan Januari sebagai keadaan darurat karena berjangkitnya infeksi yang ditularkan melalui udara yang menyebabkan demam, batuk, dan ruam yang dapat mematikan dalam kasus yang jarang terjadi.

Fenomena yang disebut anti-vax, atau anti-vaxxer memiliki penganut di negara-negara Barat tetapi sangat terkenal di AS, di mana ia telah didorong oleh klaim medis yang tidak berdasar yang tersebar di media sosial.

Puluhan ribu kasus campak telah dilaporkan di Afrika dan Eropa. Ukraina sendiri memiliki lebih dari 30.000 kasus dan 11 kematian sejak Januari.

Di seluruh dunia, kasus campak naik 300% selama tiga bulan pertama tahun 2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut PBB.

1499