Home Kesehatan Gampong Mon Mata Jadi Kampung Siaga Bencana

Gampong Mon Mata Jadi Kampung Siaga Bencana

Banda Aceh, Gatra.com - Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya dikukuhkan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) ke-26 di Provinsi Aceh, Rabu (1/5).

Pengukuhan itu dilakukan Dinas Sosial Provinsi Aceh di lapangan bola kaki Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Kadis Sosial Provinsi Aceh, Alhudri mengatakan, pengukuhan Gampong Mon Mata sebagai KSB tersebut untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas pemerintah daerah maupun secara nasional.

Untuk itu, ia berharap dapat meminimalisir jatuhnya korban saat bencana datang, paling tidak sudah mengetahui arah penyelamatan diri. "Apalagi Aceh Jaya merupakan salah satu daerah yang rawan bencana terutama banjir," katanya.

Ia menjelaskan, di Aceh sudah terbentuk sebanyak 25 KSB yang tersebar di 23 setiap kabupaten/kota, dan Kecamatan Krueng Sabee merupakan KSB yang ke-26 di Provinsi paling ujung barat Indonesia itu.

Selain itu, tambah dia, KSB ini juga untuk memberikan kepastian dan kesinambungan serta memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat, serta untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB berharap KSB Gampong Mon Mata ini bisa mensosialisasi ke gampong-gampong lainnya di Kecamatan Krueng Sabee dalam menghadapi bencana dan risiko bencana.

"KSB yang dikukuhkan ini, ke depan bisa menjadi salah satu gampong yang menjadi contoh bagi desa lainnya dalam upaya menghadapi bencana,” jelas T. Irfan TB.

 

500