Home Ekonomi Kejar Mudik Lancar, Pemprov Jabar Usulkan Tol Gratis Tiap Antre 4 Km

Kejar Mudik Lancar, Pemprov Jabar Usulkan Tol Gratis Tiap Antre 4 Km

No pict yes Bandung, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan tol digratiskan guna menekan volume kendaraan selama momen mudik lebaran 2019. Pengunaan e-tol dinilai belum dapat maksimal mengentaskan penumpukan kendaraan, khususnya di pintu keluar tol.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, usulan tersebut akan diusulkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya yang rencananya bakal datang ke Bandung, besok (7/5).

"Jadi ini diskresi yang kita coba usulkan dan sampaikan ke Pak Menteri dalam rapat besok. Ini untuk mempercepat kelancaraan arus mudik," ujar Heri, di Kota Bandung, Senin (6/5).

Kendati begitu, ia menyampaikan pembebasan tarif dilakukan jika terjadi antrean sepanjang 4 kilometer lebih dari pintu tol. Pihaknya ingin memastikan mudik 2019 di Jabar dapat berjalan dengan lancar.

"Kita akan menyampaikan kepada kementerian, apakah dimungkinkan jika terjadi antrean di pintu tol. Kalau antreannya sudah mencapai 4-5 kilometer, maka dibebaskan saja. Jadi digratiskan," paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pemberlakuan e-Tol tidak juga mengurangi kemacetan di tol. Pihaknya akan membahas terkait itu bernama Menhub agar pelaksanaan mudik di Jabar semakin baik.

"Saya analisa walaupun pake e-tol, macet juga. Apakah ada cara tidak usah bayar selama mudik, bayarnya nanti pascabayar. Pokoknya, oleh sebuah cara sehingga tidak ada antrean," ujar Ridwan. 


Reporter: Risyad Nuradi

Editor: Putri Kartika Utami