Home Politik Tantowi Yahya: Indonesia Dinilai Asing di Kawasan Pasifik

Tantowi Yahya: Indonesia Dinilai Asing di Kawasan Pasifik

Jakarta, Gatra.com - Indonesia masih dianggap 'asing' oleh negera-negara di kawasan Pasifik. Selama ini, Indonesia identik dengan etnis Melayu dan Islam.  

Hal itu diungkapkan Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Hal itu disebabkan karena kehidupan sosial budaya Indonesia bagian timur masih jarang terekspos.  

"Ketika bicara dengan negara Pasifik kita sering dianggap asing, karena di mata dunia Indonesia umumnya direpresentasikan oleh etnis Melayu," ungkap Tantowi di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (7/5).

Poltisi Partai Golkar ini menambahkan mayoritas penduduk Indonesia Timur adalah ras Malanesia dan Polinesia. Oleh karena itu, dalam perhelatan Asia Exposition yang diselenggarakan pada 11-14 Juli 2019 nanti akan diadakan forum mengenai integrasi budaya.

 Dalam forum ini akan diundang beberapa tokoh budaya dari berbagai negara di Asia Pasifik dalam merumuskan identitas masyarakat Asia Pasifik itu sendiri.

"Alasan kultur ini salah satu alasan integrasi nantinya. Kan lebih mudah kalau berinteraksi dengan negara yang bersaudara," pungkasnya. 

641