Home Kesehatan Terlalu Sering Ngopi Bahayakan Kesehatan, Berapa Batasannya?

Terlalu Sering Ngopi Bahayakan Kesehatan, Berapa Batasannya?

Adelaide, Gatra.com - Minum kopi secara berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, minum 6 atau lebih cangkir kopi sehari dapat berdampak negatif pada tubuh. Terlalu banyak ngopi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 22%.

Tim peneliti University of South Australia memaparkan kelebihan kafein berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, khususnya tekanan darah tinggi. Temuan tim menunjukkan bahwa 6 cangkir adalah titik kritis di mana kafein dapat memberikan berdampak negatif pada risiko kardiovaskular.

"Kebanyakan orang akan setuju jika minum banyak kopi, Anda mungkin merasa gelisah, mudah tersinggung, atau bahkan mual. Itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras, tetapi kemungkinan juga indikasi bahwa Anda telah mencapai batas kemampuan Anda,” kata salah satu peneliti, Elina Hyppönen seperti dilaporkan Medical Daily, Selasa (14/5).

Ia menyarankan agar orang-orang dapat menjaga jantung dan tekanan darah yang sehat dengan membatasi minum kopi kurang dari 6 cangkir sehari. Hyppönen mengatakan ada penelitian lain yang menyebut setiap hari 3 miliar cangkir kopi dinikmati.

"Mengetahui batas-batas apa yang baik untukmu dan yang tidak penting adalah keharusan. Terlalu banyak minum (kopi) maka kesehatanmu yang akan membayarnya," ujarnya.

Studi ini dilakukan seiring meningkatnya jumlah penderita penyakit kardiovaskular di Australia. Data menunjukkan satu orang meninggal karena masalah jantung setiap 12 menit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganggap, penyakit jantung sebagai salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, namun kasusnya bisa dicegah.

335

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR