Home Politik Saut Situmorang Tak Maju Lagi dalam Seleksi Capim KPK Periode 2019-2023

Saut Situmorang Tak Maju Lagi dalam Seleksi Capim KPK Periode 2019-2023

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang menyatakan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai pimpinan KPK periode 2019-2023.  Ia enggan mencalonkan diri kembali karena percaya masih banyak orang lain yang lebih punya integritas dan loyalitas.

"Ya. menanam ubi jalar atau melihara ayam bolehlah," kelakar Saut saat ditanyai wartawan di Gedung KPK, Selasa (21/5). 

Saut mengaku dalam empat tahun ini sudah belajar banyak tentang hukum di KPK. Ia menyadari ternyata lebih banyak lagi orang lain di luar sana yang pengetahuannya tentang KPK lebih baik darinya. 

Menurutnya, calon pemimpin (capim) KPK nantinya harus paham betul 9 nilai KPK. Nilai-nilai ini selalu diulang-ulang Saut dalam setiap kesempatan, yakni jujur, peduli, tanggung jawab, sederhana, adil, mandiri, disiplin, berani, serta kerja keras.

Pada 2015 lalu, Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini mendaftarkan diri sebagai capim KPK. Kala itu, ia memperoleh 37 suara dukungan dalam voting yang dilakukan Komisi III DPR. Dengan perolehan tersebut, ia pun terpilih menjadi satu dari lima pimpinan KPK. Kini, masa jabatannya tinggal hitungan bulan dan akan berakhir pada 22 Desember 2019 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membentuk sembilan orang panitia seleksi (pansel) capim KPK pada Jumat lalu (17/5). Walau menuia banyak kritik dari publik, pansel ini diharapkan dapat segera bekerja agar nantinya menghasilkan pimpinan KPK yang independen dan berintegritas. 

241