Home Ekonomi NTT Kirim Ternak Ke Jawa dan Kalimantan untuk Kebutuhan Idulfitri

NTT Kirim Ternak Ke Jawa dan Kalimantan untuk Kebutuhan Idulfitri

Kupang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terhitung sejak awal tahun hingga 31 Mei 2019 NTT telah mengirim 23.644 ekor sapi, 676 ekor kuda dan 2.294 ekor kerbau ke Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan dan daerah lainnya untuk kebutuhan hari raya Lebaran 5 Juni hingga 6 Juni 2019 mendatang.

"Permintaan untuk hari raya tahun ini cukup besar dan kita penuhi. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan permintaan pada Idulfitri 2018 lalu. Ada sembilan mitra, pelaku usaha ternak di NTT yang ikut serta dalam proses pengiriman ternak saat ini,” kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT, Dani Suhadi kepada Gatra.com (3/6).

Dia mengatakan terakhir mengirim 550 ekor ternak sapi dan kerbau ke Jakarta dan Kalimantan itu menggunakan KM Camara Nusantara 2. "Jumlah 550 ekor ini sesuai dengan kemampuan, daya tampung kapal yang bersangkutan,” jelas Dany Suhadi.

Stok ternak di NTT kata Dani Suhadi masih tersedia untuk memenuhi kebutuhan permintaan berikutnya. “Untuk kebutuhan daging perayaan hari raya idulfitri ini kami kirim sesuai permintaan mereka. Masih ada persediaan. Habis hari raya nanti masih akan dikirim lagi,” jelas Dani Suhadi.

Dia menyebutkan selama ini permintaan ternak, sapi dan kerbau paling banyak dari Provinsi Jawa Barat. “Hingga 31 Mei 2019 lalu, kami sudah mengirimkan ternak ke daerah Jawa barat sebanyak 12.386 ekor sapi, empat ekor kuda dan 148 ekor kerbau. Ini belum termasuk yang dikirim bulan Januari – Maret lalu,” ujar Dani.

Soal angkutan, para pengusaha ternak tidak terlalu mengalami kesulitan. Karena mereka telah membuat kesepakatan dengan kapal ternak. “ Sebagai bentuk komitmen pemanfaatan kapal khusus angkutan ternak, sembilan pelaku usaha ternak di NTT ini telah membuat pernyataan komitmen pemanfaatan kapal ternak sesuai dengan ketentuan atau prosedur yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Soal kapal yang mengangkut jelas Dani Suhadi saat ini ada 5 kapal yang secara rutin bergantian setiap minggu mengangkut ternak dari NTT ke Jawa dan Kalimantan. Kelima kapal ini masuk program tol laut yang diresmikan 2015 lalu.

Kapal–kapal pengangkut ternak itu adalah Camara Nusantara 1,3,3,4 dan 6. “Setiap minggu secara bergilir mereka datang dan mengangkut ternak sapi, kerbau dan kuda keluar NTT. Selama ini terbanyak dikirim ke Pulau Jawa dan Kalimantan,” kata Dani Suhadi.

916