Home Kesehatan Perangi Polusi Udara, Ini Strategi KLHK

Perangi Polusi Udara, Ini Strategi KLHK

Jakarta, Gatra.com - Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh pada 5 Juni tiap tahunnya. Tahun ini, fokusnya yakni terkait polusi udara.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  RI, Siti Nurbaya Bakar menuturkan pemerintah sedang melakukan berbagai upaya untuk mengurangi polusi udara. Ia menyampaikan upaya pengurangan polusi udara ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, kita memperbanyak taman kota, membangun trotoar bagi pejalan kaki, serta membangun jalur sepeda seperti di Bandung, Surabaya, serta kota lainnya. Hal-hal tersebut dapat mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor," ujar Siti dalam pernyataan tertulis yang diterima Gatra.com, Rabu (5/6).

Siti mengatakan pemerintah juga melakukan upaya dalam perbaikan infrastruktur. Pengembangan infrastruktur ini diharapkan dapat membuat keadaan bumi, khususnya di Indonesia, berubah lebih baik.

"Di Jakarta, sudah ada pengembangan infrastruktur seperti kereta api commuter line, Transjakarta, Mass Rapid Transport (MRT), Light Rapid Transport (LRT). Semuanya dapat mengurangi polusi udara," tuturnya.

Pemerintah, tambahnya, juga mendorong pembangunan ruang publik dengan konsep taman hijau. Selain itu, stasiun juga terjaga kebersihannya. Ia berharap hal ini semua dapat mengubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

276